Brilio.net - Usai beberapa kali dipakai, biasanya ujung sapu akan berubah jadi kotor kehitaman. Noda pada sapu ini sebaiknya dibersihkan secara rutin, supaya tetap efektif dipakai untuk menyapu lantai.

Biasanya orang-orang memilih menyikat sapu dengan air sabun seperti proses membersihkan baju atau peralatan lainnya. Namun, pemilik akun YouTube Ide kreatif Difa punya trik lain yang nggak kalah efektif membersihkan sapu dekil meskipun tanpa sabun, lho.

Warganet akrab disapa Difa ini menjelaskan, ia membutuhkan dua bahan dapur yang biasa dipakai saat masak untuk membersihkan sapu dekil.

Sebelum masuk ke triknya, siapkan dulu ember atau baskom berisi air bersih yang cukup untuk merendam sapu nantinya. Kemudian, larutkan cuka dan baking soda secukupnya ke dalam air. Yup, cuka dan baking soda inilah bahan dapur utama untuk mempraktikkan trik membersihkan sapu dekil ini.

foto: YouTube/Ide kreatif Difa

Di samping itu, Difa menjelaskan, ia juga kerap menambahkan sedikit cairan karbol atau pembersih lantai ke dalam racikan ini. Setelah itu, aduk sampai tercampur rata.

"Aduk hingga buihnya hilang," tegas pengguna akun YouTube Ide kreatif Difa, dikutip BrilioFood pada Jumat (7/6).

Jika semua bahan sudah siap, langsung rendam sapu dekil yang ingin dibersihkan ke dalamnya. Goyang-goyangkan sapu supaya semua noda yang menempel bisa luntur dan larut ke dalam air.

foto: YouTube/Ide kreatif Difa

Kemudian, jika dirasa sapu sudah cukup bersih, baru bilas dengan air bersih sampai tak ada lagi sisa cuka, baking soda, ataupun karbol menempel. Tiriskan, kemudian jemur sapu hingga kering sebelum digunakan kembali.

foto: YouTube/Ide kreatif Difa