Brilio.net - Salah satu masalah dalam penggunaan pompa air galon adalah selangnya yang sulit dibersihkan. Padahal bagian tersebut selalu dalam kondisi lembap karena terpapar air terus-menerus. Nah, air yang mengalir di selang ini bisa meninggalkan bekas, yang kemudian membuat selang jadi berlumut seiring penggunaan.

Jika kondisi ini dibiarkan terus-menerus, selang pompa galon bisa jadi kotor dan nggak higienis lagi. Alhasil, banyak orang menganggap kondisi pompa galon seperti ini cenderung tidak layak digunakan. Nggak heran jika kemudian sejumlah orang memilih membuang selang pompa dan membeli yang baru.

Padahal tahu nggak, sih? Sebenarnya selang pompa galon tetap bisa dibersihkan sekalipun sudah berlumut. Salah satu metode yang kerap digunakan adalah dengan menyikat bagian dalam selang dan merendamnya dalam air sabun. Metode ini memang bisa membantu meluruhkan lumut, namun seringkali merepotkan karena ada sikat khusus yang harus digunakan.

Sebagai gantinya, kamu bisa meniru trik membersihkan selang galon pompa air seperti yang dilakukan pengguna YouTube Caos Gaming77. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku tidak menggunakan sikat ataupun merendam selang pompa air untuk menghilangkan lumutnya. Namun ada trik lain yang bisa dipraktikkan untuk membersihkan selang pompa air agar lebih higienis.

Tutorial membersihkan selang pompa galon.

Dilansir BrilioFood dari YouTube Caos Gaming77, Senin (3/6), hal pertama yang harus dilakukan adalah melepas selang dari mesin pompanya. Setelah itu, tekan-tekan selang pompa air menggunakan telunjuk dan ibu jari. Tekan-tekan dari ujung atas hingga ke ujung bawah selang secara perlahan.

foto: YouTube/Caos Gaming77

Nah, proses menekan selang pompa ini akan membuat sebagian lumut dan kotoran di dalam selang rontok begitu saja. Supaya lumutnya bisa rontok dengan maksimal, pasang kembali selang di mesin pompa seperti semula.

foto: YouTube/Caos Gaming77

Tahap selanjutnya, siapkan air dan masukkan ujung selang ke dalam air tersebut. Jika sudah, nyalakan pompa air seperti biasa untuk mengeluarkan sisa lumut dan kotoran di dalam selang. Lakukan proses ini sampai air yang dikeluarkan dari pompa benar-benar bersih, menandakan bahwa bagian dalam selang juga sudah bebas kotoran.

foto: YouTube/Caos Gaming77

Nah, pompa yang sudah dibersihkan ini pada dasarnya bisa langsung digunakan. Namun jika ingin lebih higienis, kamu bisa merendam selang dalam air panas yang sudah dicampur perasan lemon. Proses ini bisa membuat selang semakin higienis dan bebas bakteri. Setelah direndam, cukup bilas selang dan pasang lagi seperti semula.

Sebagai langkah pencegahan agar selang tidak berlumut, benda satu ini memang harus selalu dibersihkan secara rutin. Dalam satu minggu, kamu perlu membersihkan bagian dalam selang menggunakan air panas untuk mencegah bagian dalamnya berlumut. Selain itu, pastikan selang dalam kondisi kering setelah digunakan. Dengan begitu, selang pompa galon akan selalu higienis saat dipakai.