Dilansir BrilioFood pada Rabu (27/9), pengguna YouTube tersebut memilih menggunakan pasta gigi dan baking soda. Nah, cukup campur kedua bahan ini dalam satu wadah. Lalu aduk-aduk sampai rata.

foto: YouTube/Mediabcm008

Sebelum diaplikasikan, basahi dulu tungku kompor yang hendak dibersihkan. Setelah itu, langsung oleskan pasta gigi dan baking soda tadi ke permukaan tungku kompor yang berkerak. Gunakan bantuan sabut kawat untuk mengaplikasikan bahan tersebut.

foto: YouTube/Mediabcm008

Setelah itu, gosok-gosok keraknya menggunakan sabut kawat tadi. Dalam sekali gosok, kerak di tungku kompor langsung rontok. Jika ada kerak yang rontok, bilas dengan air mengalir. Lalu gosok lagi menggunakan sabut kawat yang sudah diberi dua bahan pembersih tadi.

"Jadi nggak usah direndam dulu, ini langsung ngelotok (mengelupas) mulai kelihatan bersihnya," ujar YouTube Mediabcm008.

foto: YouTube/Mediabcm008

Lakukan proses menggosok ini hingga seluruh kerak di tungku kompor benar-benar rontok. Jika ada bagian yang sulit dijangkau, kamu bisa menggosoknya dengan bantuan sikat gigi bekas. Lalu terakhir, bilas tungku kompor ini di air mengalir.

foto: YouTube/Mediabcm008

Unggahan tentang trik bersihkan kerak tungku kompor ini telah ditonton lebih dari 66 ribu kali. Menilik kolom komentar, banyak pengguna YouTube lain yang turut mengaku trik tersebut mudah dipraktikkan. Sebagian besar mereka juga takjub dengan hasil tungku kompor yang kembali bersih.

"Wow mudah, murah dan praktis ya bang, mantap," ungkap YouTube @babahali_94.

"Praktis dan mudah..makasih tips nya bang .semoga sehat selalu," kata YouTube @erlinasartika1610.

"Memang menjadi bersih trimakasih kak ilmunya," papar YouTube @sasaanatasya9984.

"Alhamdulillah tambah ilmu bang smg abang sukses trs," sahut YouTube @sitichoiriyah1698.

"ramuan yang patut dicoba," kata YouTube @BeningStudio.