Brilio.net - Sprei yang sudah lama digunakan berisiko berubah jadi dekil. Biasanya, noda penyebab sprei dekil yang sudah membandel tak akan hilang jika hanya dicuci detergen. Nggak heran, banyak orang memilih mencucinya dengan teknik merendam sprei semalaman di dalam racikan bahan pembersih.

Namun, pemilik akun YouTube Laundry ria punya trik berbeda, nih. Menurutnya, sprei bisa dibersihkan sampai kinclong dan wangi meskipun tak direndam semalaman. Usut punya usut, warganet satu ini memiliki bisnis laundry, sehingga sudah nggak asing dengan teknik mencuci yang efektif.

foto: YouTube/Laundry ria

Buat kamu yang sering kesal saat mencuci sprei, yuk eksekusi trik dari pengguna akun YouTube Laundry ria ini. Kamu cuma membutuhkan beberapa bahan pembersih yang salah satunya berasal dari dapur.

foto: YouTube/Laundry ria

Jadi, bahan dapur yang dimaksud adalah sabun cuci piring. Tuang sabun cuci piring langsung ke area sprei yang ada nodanya. Kemudian gosok menggunakan sikat kecil atau sikat gigi bekas. Yup, proses ini dilakukan saat sprei masih dalam keadaan kering, ya. Kemudian, diamkan selama beberapa saat.

"Kita diamkan selama 15 menit," tegas pemilik akun YouTube Laundry ria, dikutip BrilioFood pada Sabtu (10/8).

foto: YouTube/Laundry ria

Sembari menunggu, kamu bisa menyiapkan baskom besar berisi air panas untuk merendam sprei. Masukkan detergen dan cairan penghilang noda bernama Proclin atau brand lain sesuai keinginan. Selanjutnya, tambahkan pula sabun cuci piring secukupnya.

Penambahan sabun cuci piring ini akan membantu proses mengangkat noda pada sprei semakin maksimal dan membuat sprei jadi lebih wangi.

foto: YouTube/Laundry ria

Aduk hingga rata, baru rendam sprei ke dalamnya. Kamu bisa menambahkan air lagi jika dirasa kurang. Biarkan sprei terendam selama 30 menit. Usai direndam, bilas sprei sampai tak ada lagi sisa sabun yang menempel.

foto: YouTube/Laundry ria

Peras atau tiriskan sprei menggunakan alat spinner mesin cuci. Kalau sprei sudah tak terlalu basah lagi, langsung jemur di bawah sinar matahari sampai kering. Gimana, hasilnya kelihatan super bersih, kan?