Dilansir BrilioFood dari YouTube Bunda ardana pada Minggu (14/1), bahan pembersih yang digunakan pengguna YouTube tersebut adalah sitrun dan pemutih pakaian. Nah, ada juga satu bahan tambahan yang berasal dari dapur, yakni sabun cuci piring. Ketiga bahan ini nantinya akan mengubah tampilan kain pel jadi kembali putih dan kinclong seperti baru, lho.

foto: YouTube/Bunda ardana

Cara pakainya, cukup tuang sitrun dan sabun cuci piring ke dalam ember. Lalu larutkan dengan air pana. Jika sudah, masukkan kain pel kotor dan tekan-tekan sampai terendam air. Setelah itu, masukkan juga 1 sachet cairan pemutih. Aduk dengan cara celup-celupkan kain pel lagi.

foto: YouTube/Bunda ardana

Selanjutnya, diamkan atau rendam kain pel selama 1-2 jam saja. Pastikan kain pel terendam sempurna dalam air, ya. Jika sudah, ambil kain pel dan gosok-gosok menggunakan sikat baju. Karena sudah direndam, noda pada kain pel bisa langsung luntur saat disikat. Pastikan bagian luar dan dalam kain pel disikat dengan baik.

foto: YouTube/Bunda ardana

Untuk hasil maksimal, tambahkan lagi sabun cuci piringnya. Lalu sikat terus sampai bersih dan putih. Terakhir, bilas kain pel sampai benar-benar bersih dan bebas sabun. Barulah kemudian jemur kain pel sampai kering di bawah sinar matahari.

"Dan kalau sudah bersih gini kan kalau misalkan dibuat ngepel, enak banget. Kesat dan bersih, gitu, ujar YouTube Bunda ardana.

foto: YouTube/Bunda ardana

Video mlik pengguna YouTube Bunda ardana ini sontak menuai atensi warganet. Siapa sangka, banyak pengguna YouTube lain yang tertarik dan turut memberikan tanggapan secara langsung melalui kolom komentar. Sebagian besar warganet ini mengaku takjub dengan hasil kain pel yang begitu putih dan bersih.

"Waaahhhh ternyata campuran zitrun Ama mama lemon dan air panas sangat membantu untuk memutihkan pelan ya bedanya jauh banget before & After nya,,mksh banyak tips nya bundsay," ujar YouTube @momjj1202.

"Waahh...cara membersihkan kain pel sangat mudah dan alhamdulillah jadi kinclong," sahut YouTube @rumahabecelo.

"Tips yg sangat bermanfaat sekali ni Bun , buat aku yg suka males cuci lap pel," ungkap YouTube @Hidupdikampung83.

"Wah ternyata mudah y bun...mksh bun tipsnya," kata YouTube @zakiyaababil.

"Masaallah kain pel nya hadi kelihatan kaya baru ya terima kasih banyak ya tipsnya bunda," tutur YouTube @santidahliachannel3613.