Tatakan kompor yang berkerak dan licin kerap menjadi masalah di dapur. Bukan tanpa sebab, kerak yang menumpuk tidak hanya mengurangi estetika dapur, tapi juga bisa jadi sarang bakteri dan kotoran yang sulit dibersihkan. Selain itu, permukaan yang licin dapat meningkatkan risiko kecelakaan saat memasak.

Untuk mengatasi masalah tersebut, tatakan kompor harus segera dibersihkan. Biasanya sejumlah orang akan menggunakan metode khusus dalam membersihkan tatakan kompor. Salah satunya adalah dengan merendam tatakan kompor berjam-jam atau bahkan hingga semalaman.

Pada dasarnya, merendam tatakan kompor ini bertujuan untuk melunakkan kerak yang menempel. Dengan begitu, kerak bisa langsung terangkat saat digosok. Namun cara ini punya kekurangan, yakni durasi pencucian yang sangat lama.

Jika ingin lebih cepat, kamu bisa meniru cara membersihkan tatakan kompor seperti yang dilakukan pengguna Instagram @ranitiaraa. Melalui salah satu video yang diunggahnya, dia mengaku hanya mengandalkan bahan-bahan sederhana yang ada di dapur. Dilansir BrilioFood dari Instagram @ranitiaraa pada Sabtu (6/7), bahan dapur yang digunakan soda kue, cuka, dan sabun cuci piring.

 

© Instagram/@ranitiaraa

Cara pakai bahan-bahan tersebut sangat praktis. Pertama-tama, lepaskan tatakan atau tungku dari kompornya. Setelah itu, letakkan di wastafel. Nah, sebaiknya proses pembersihannya dilakukan langsung di wastafel atau tempat cuci piring, ya.

© Instagram/@ranitiaraa

Setelah itu, langsung taburkan soda kue atau baking soda ke seluruh bagian tatakan kompor yang berkerak dan licin karena minyak. Tambahkan juga sabun cuci piring dan cuka. Pastikan ketiga bahan ini dituang secara merata ke seluruh tatakan kompor.

© Instagram/@ranitiaraa

Selanjutnya, diamkan beberapa menit. Jika keraknya cukup tebal, kamu bisa mendiamkan cairan pembersih ini lebih lama. Setelah itu, langsung gosok-gosok tatakan kompor menggunakan sabut kawat. Untuk celah yang sulit dijangkau, kamu dapat menggunakan sikat gigi bekas.

© Instagram/@ranitiaraa

Nah, jika dirasa sudah bersih dan kesat, langsung bilas tatakan kompor di bawah air mengalir. Setelah itu, lap menggunakan kain dan diamkan beberapa menit sampai benar-benar kering. Barulah kemudian pasang kembali tatakan ini di kompor seperti semula. Dengan begitu, tampilan kompor jadi lebih kinclong secara menyeluruh.