Brilio.net - Setelah beraktivitas, apalagi di luar rumah, ada kalanya ketiak baju jadi bau karena tubuh mengeluarkan banyak keringat. Bahkan, beberapa orang mendapati ketiak baju tersebut masih bau meskipun sudah dicuci. Alhasil, baju tersebut harus direndam kembali di dalam larutan pewangi pakaian.

Di sisi lain, ada pula yang memilih menyemprotkan pewangi pakaian sebanyak-banyaknya sebelum baju disimpan di lemari. Namun, berbeda dengan pengguna akun TikTok @scent.mark, wanita ini mengaku punya trik lain yang nggak kalah efektif untuk mengusir bau keringat di ketiak baju, lho.

Akrab disapa Cici Wangi, wanita ini menjelaskan, ia biasanya mengatasi permasalahan bau keringat di ketiak baju cuma mengandalkan dua bahan dapur. Trik yang biasa ia praktikkan ini juga praktis tanpa harus melewati proses merendam baju di pewangi pakaian.

foto: TikTok/@scent.mark

Sebelum memulai triknya, siapkan dulu 2 gelas air bersih di sebuah wadah. Kemudian larutkan 1 sdm cuka dan 2 sdm baking soda ke dalam air tersebut. Yup, cuka dan baking soda inilah bahan dapur utama untuk mempraktikkan trik usir bau keringat di ketiak baju ini. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

foto: TikTok/@scent.mark

Setelah itu, kamu bisa memasukkan larutan cuka dan baking soda tersebut ke botol spray. Lalu semprotkan cairan tersebut ke area ketiak baju. Di sisi lain, jika kamu nggak punya botol spray, larutan ini bisa langsung dioleskan saja pada ketiak baju.

"Pastiin semua area kesemprot ya! Habis itu tinggal cuci aja kayak biasa," tutur pemilik akun TikTok @scent.mark, dikutip BrilioFood pada Senin (8/7).

foto: TikTok/@scent.mark

Usai ketiak baju diolesi atau disemprot dengan larutan cuka serta baking soda, lanjut cuci baju tersebut seperti biasa menggunakan detergen. Kamu bisa mencucinya dengan mesin cuci ataupun dikucek secara manual saja.

foto: TikTok/@scent.mark

Jika baju sudah dicuci hingga bersih dan dibilas sampai tak ada sisa sabun, lanjut jemur baju tersebut sampai kering. Kalau sudah dijemur, dijamin bau keringat area ketiak bajunya sudah tak ada lagi karena kerja cuka dan baking soda.

Dilansir dari marthastewart.com, cuka dan baking soda memang bisa menghasilkan reaksi kimia yang bantu menghilangkan bau tak sedap. Bahkan, kedua bahan dapur ini juga bisa kamu aplikasikan pada area lain selain ketiak baju, contohnya pada lemari, sepatu, saluran wastafel, dan lain sebagainya.