Brilio.net - Kebanyakan orang memilih mencuci pakaian sendiri daripada menggunakan jasa binatu atau laundry. Selain hemat, mencuci pakaian sendiri dinilai kebersihannya lebih terjamin. Namun, mencuci pakaian ini terkadang bisa menjadi tugas menantang, loh. Apalagi jika ada noda yang menempel pada pakaian yang tak bisa dibersihkan.

Beberapa noda yang sangat sulit untuk dihilangkan di antaranya noda keringat pada bagian ketiak, noda minyak dan juga noda oli. Meski dicuci dengan deterjen bermerek terkenal sekalipun, tak akan bisa menjamin bahwa noda oli dapat hilang dengan sempurna. Hal ini bisa bikin frustasi karena pakaian jadi tak enak dipandang.

Ketika menemui kendala ini tak sedikit orang kemudian memilih merendam pakaian dengan pemutih. Walaupun manjur bisa menghilangkan noda, namun segelintir orang menghindari pemutih pakaian karena dianggap berisiko bikin pudar warna pakaian. Di sisi lain ada yang tak suka karena baunya yang terlalu menyengat.

Kalau kamu salah satu yang enggan menggunakan pemutih, cara menghilangkan noda oli di pakaian dari pengguna YouTube Queen azzahra family bisa kamu coba di rumah. Di unggahan videonya, warganet ini menggunakan tambahan 1 bahan dapur.

Penasaran bagaimana caranya?

foto: YouTube/Queen azzahra family

Di awal video ia, menunjukkan pakaiannya yang dipenuhi noda oli. Karena warna dasarnya cokelat muda, noda hitam dari oli pun terlihat jelas. Dilansir BrilioFood dari YouTube Queen azzahra family pada Jumat (5/7), 1 tambahan bahan dapur yang dipakai ialah larutan pencuci piring. Selain itu ia juga menggunakan sabun mandi batangan dan juga pasta gigi.

foto: YouTube/Queen azzahra family

Caranya siapkan sabun mandi bekas lalu hancurkan dengan tangan. Setelah itu tambahkan larutan pencuci piring dengan perbandingan 1:1 ya. Aduk-aduk hingga kedua bahan tercampur merata. Selanjutnya tambahkan pasta gigi dan air secukupnya.

foto: YouTube/Queen azzahra family

Pastikan semua bahan tercampur merata dan menjadi sebuah larutan yang pekat. Jika sudah siapkan baju yang terkena noda oli, lalu basahi dengan air. Kemudian ambil larutan secukupnya dan oleskan pada bagian yang terkena oli menggunakan sikat gigi. Sikat berulang kali hingga noda benar-benar hilang.

foto: YouTube/Queen azzahra family

Setelah dioles dan disikat secara merata, diamkan pakaian selama beberapa saat agar larutan pembersih meresap. Kalau sudah kamu bisa membilasnya menggunakan air bersih lalu menjemurnya. Setelah kering baju pun bersih maksimal.

foto: YouTube/Queen azzahra family

Sejak diunggah pada 19 November 2023 lalu, video milik akun ini telah ditonton lebih dari 23 ribu kali. Rupanya tak sedikit dari mereka yang antusias ingin mencoba cara membersihkan noda oli dengan cara ini. Namun ada juga yang telah berhasil mencoba cara ini.

"Saya mau coba praktekan,, kebetulan ada baju sya yg terkena oli,,, terimakasih tips nya ka," komentar YouTube @semesta21.

"Gar2 baju ku kna oli wktu bonceng motor tau2 hitam ...jdi msuk sinihh..smoga saya berhasill," pungkas YouTube @irajelita705.

"Udah ku coba mantap hasilnya..makasih bund," ujar YouTube @user-lq2fb5sf8i.