Brilio.net - Saat nasi di rice cooker habis dimakan, biasanya masih ada sisa beberapa butiran nasi yang menempel dan mengering di dasar pancinya. Sisa kerak nasi tersebut sulit dibersihkan karena menempel kuat di dasar panci. Bahkan, sejumlah orang harus mencuci panci beberapa kali sampai benar-benar kinclong bebas dari kerak nasi.

Di samping itu, ada pula yang memilih merendam panci dengan air dalam waktu lama supaya sisa kerak nasinya mudah diangkat. Bahkan, proses merendam panci kadang-kadang dilakukan selama semalaman, lho. Namun, pemilik akun TikTok @mumugi00 punya trik berbeda.

"Kerak nasi bikin pusing? Tenang, ada cara gampang buat angkat keraknya! Yuk, coba trik ini," tulisnya di keterangan unggahan TikTok @mumugi00, dikutip BrilioFood pada Rabu (14/8).

foto: TikTok/@mumugi00

Pengguna akun TikTok @mumugi00 menjelaskan, kamu bisa mengandalkan satu bahan dapur untuk mempraktikkan trik ini, yakni sabun cuci piring.

foto: TikTok/@mumugi00

Tuangkan sabun cuci piring secukupnya ke dalam panci rice cooker. Kemudian, tambahkan air panas hingga mengenai seluruh kerak nasi. Biarkan sebenar, cukup selama 1 menit saja sekadar untuk membantu kerak nasi tak lagi menempel kuat di dasar panci rice cooker.

foto: TikTok/@mumugi00

Usai didiamkan 1 menit, sisihkan kerak nasi yang masih menempel dengan bantuan centong nasi. Jika sudah tak ada lagi kerak nasi yang menepel, lanjut bersihkan panci seperti biasa menggunakan spons hingga hasilnya benar-benar kesat dan kinclong.

Gimana, gampang banget kan trik basmi kerak nasi di dasar panci rice cooker ini? Mulai sekarang, kamu nggak perlu merendamnya terlalu lama lagi karena sudah tahu trik ini.

Mengintip kolom komentar unggahan TikTok @mumugi00, ada pula warganet lain yang membagikan trik lain yang tak kalah ampuh untuk membersihkan panci rice cooker, lho.

"siram air panas aja, terus tutup pancinya, biarkan sebentar smp kerak nasi jadi lembek lg kena uap air, bilas ga perlu pake sabun," jelas TikTok @dickk.