Tapi tenang, masih ada cara yang bisa dicoba untuk membersihkan sprei yang kotor tanpa merendamnya dengan detergen. Cara tersebut dibagikan oleh pengguna akun TikTok @mizbom dengan memanfaatkan satu bahan dapur, yakni baking soda.

Seperti yang diketahui, baking soda memiliki kandungan garam yang bersifat abrasif yang dapat membantu mengangkat noda pada permukaan benda atau kain. Selain baking soda, pengguna TikTok tersebut juga menambahkan sabun colek sebagai tambahan bahan pembersih.

foto: TikTok/@mizbom

Pengguna TikTok tersebut akan mencuci dua buah sprei dari bahan katun dan tencel. Sprei dari bahan katun langsung dimasukkan ke dalam mesin cuci, sementara sprei dari bahan tencel dimasukkan ke dalam laundry bag terlebih dahulu baru dimasukkan ke dalam mesin cuci.

foto: TikTok/@mizbom

Setelah itu, tambahkan baking soda secukupnya ke dalam mesin cuci. Ambil sabun colek secukupnya, kemudian larutkan dengan air agar sabun colek tidak menggumpal dan dapat tercampur merata.

foto: TikTok/@mizbom

Masukkan sabun colek yang sudah dilarutkan dengan air dan tambahkan dengan pelembut pakaian. Pengguna TikTok tersebut juga tak merendam dan mencuci sprei secara manual. Ia menggunakan mesin cuci untuk membersihkan sprei yang kotor.

"Ini aku pakai mode cuci biasa yang ada mode rendamnya dulu," tulisnya, dilansir BrilioFood pada Senin (29/1).

Dengan mencoba trik satu ini, kamu tak perlu repot merendam sprei dengan air panas lalu menyikatnya secara manual. Cukup dicuci dengan mesin cuci menggunakan campuran baking soda dan sabun colek, sprei yang kotor bisa bersih maksimal.

foto: TikTok/@mizbom

Setelah proses pencucian di dalam mesin cuci selesai, keluarkan sprei dan jemur sampai kering. Hasilnya, sprei jadi kelihatan bersih dan tampilannya cerah. Cara mencuci satu ini sudah dilakukan oleh pengguna TikTok tersebut selama bertahun-tahun dan spreinya tampak awet dan bersih.

"Cara ini sudah aku pakai bertahun-tahun. Aku punya 2 balita yang isinya muntah, ngompol, numpahin susu di kasur. Jadi kebayang betapa kotornya sprei aku walau sudah sering ganti," pungkasnya.