Brilio.net - Kaus kaki jadi salah satu benda yang cepat kotor. Baru sekali dipakai saja, kaus kaki sudah tampak dekil dan berbau. Apalagi kalau kaus kaki berwarna putih, kotorannya akan semakin jelas terlihat.

Untuk membersihkannya, sejumlah orang sengaja merendam kaus kaki dengan larutan pemutih. Setelah direndam beberapa saat, kaus kaki bisa dikucek sekuat tenaga. Alhasil, noda di kaus kaki memudar dengan sendirinya.

Tapi gimana solusinya kalau kaus kaki yang mau dicuci tidak berwarna putih? Tentu nggak bisa direndam pakai cairan pemutih karena nanti hasilnya berisiko kelunturan.

Untuk meminimalisir hal itu terjadi, kamu bisa meniru cara mencuci kaus kaki yang ditunjukkan oleh pengguna TikTok @makkite1112.

Mencuci kaus kaki pakai bahan dapur, hasilnya bersih maksimal.

Di unggahan videonya, warganet ini tampak mencuci kaus kakinya dengan deterjen seperti biasa. Langkah pertama, taburkan deterjen lalu gosok seluruh bagian kaus kaki pakai sikat. Lakukan berulang kali agar seluruh noda membandel di kaus kaki hilang sempurna.

foto: TikTok/@makkite1112

Kalau sudah digosok secara merata, peras kaus kaki lalu masukkan ke dalam wadah. Tambahkan air sampai merendam seluruh bagian kaus kaki secara sempurna.

foto: TikTok/@makkite1112

Lalu tambahkan satu bahan dapur, yakni garam sebagai campuran pembersihnya. Aduk-aduk lalu diamkan kaus kaki terendam beberapa saat.

foto: TikTok/@makkite1112

Setelah direndam beberapa saat, peras kaus kaki pakai tangan kosong. Lalu pindahkan kaus kaki ke dalam wadah lainnya yang sudah diisi air hangat dan bahan dapur lainnya, yakni jeruk lemon. Jadi, bahan dapur yang dipakai adalah garam dan jeruk lemon.

foto: TikTok/@makkite1112

Perendaman dalam larutan jeruk lemon ini dianggap mampu menghilangkan bau tidak sedap di kaus kaki. Tunggu sampai air rendaman dingin, lalu bilas kaus kaki.

Karena sudah digosok sekaligus direndam larutan dua bahan tersebut, kaus kaki pun jadi bersih maksimal. Tampilan kaus kaki jadi nggak dekil dan berbau lagi.