Brilio.net - Dikenal memiliki cita rasa gurih dan tekstur renyah, ikan teri jadi favorit banyak orang. Ikan laut ini biasa dimasak atau diolah jadi lauk maupun pelengkap, seperti dijadikan sambal, nasi goreng, dan lauk pauk lainnya. Pastinya penggemar ikan teri akan nambah nasi terus jika ada lauk satu ini di meja makan.

Namun, terkadang ikan teri yang ada di pasaran punya rasa asin yang berlebih. Alhasil, meski sudah dimasak pakai berbagai bumbu, rasa asin pada ikan teri tetap mendominasi.

Nah, untuk mengurangi rasa asin berlebih tersebut, sejumlah orang punya cara masing-masing. Di antaranya, merendam dengan air panas.

Selain memanfaatkan air panas, rupanya ada cara lain yang tak kalah praktis untuk mengurangi rasa asin pada ikan asin. Cara lain ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube Denny Gs. Meskipun tanpa air panas, hasilnya ikan tak terlalu asin.

Dikutip BrilioFood dari YouTube Denny Gs pada Sabtu (31/5), rupanya warganet tersebut hanya mengandalkan satu bahan dapur.

Cara mengurangi rasa asin ikan teri  dengan mudah.

Nah, bahan dapur yang dipakai untuk mengurangi atau atau bahkan menghilangkan rasa asin pada ikan teri adalah garam. Selain garam, dia juga menggunakan bahan tambahan, yakni air suhu biasa.

foto: YouTube/@Denny Gs

Caranya, masukkan ikan teri asin ke wadah. Lalu tuang air biasa sampai semua teri terendam.

foto: YouTube/@Denny Gs

Setelah itu, tambahkan 1 sendok garam ke wadah berisi ikan teri tersebut. Selanjutnya, aduk-aduk hingga garam larut. Cukup rendam ikan selama 5 menit.

foto: YouTube/@Denny Gs

Nah, jika sudah 5 menit, buang air rendaman garam tadi. Kemudian cuci ikan teri menggunakan air bersih. Ulangi hingga 3 kali agar ikan teri bersih maksimal. Terakhir, tiriskan ikan teri. Nah, ikan teri pun siap atau bisa diolah lagi menjadi berbagai menu.

foto: YouTube/@Denny Gs

Walau direndam garam, namun tak perlu khawatir rasa ikan teri jadi semakin asin, ya. Karena merendam ikan asin pada garam justru akan membuat kadar garam berlebih pada ikan turut larut dan mengalir ke air (yang konsentrasi garamnya rendah). Alhasil, ikan jadi berkurang rasa asinnya.