Dilansir BrilioFood dari TikTok @ferriszachra pada Sabtu (12/8), dia mengaku menggunakan air jeruk nipis, baking soda, dan sabun cuci piring. Caranya, campur semua bahan tadi di wadah. Lalu aduk-aduk sampai berbusa.

foto: TikTok/@ferriszachra

Sebelum diaplikasikan, bersihkan dulu kotoran di permukaan tungku kompor menggunakan kertas bekas. Barulah kemudian oleskan cairan pembersih tadi ke permukaan tungku kompor. Lalu ratakan menggunakan sendok atau jari tangan.

foto: TikTok/@ferriszachra

Jika sudah, diamkan selama 10 menit saja. Campuran ketiga bahan tersebut akan langsung melunakkan kerak dengan cepat, lho. Setelah didiamkan, sikat setiap bagian yang berkerak menggunakan sabut kawat. Karena keraknya sudah lunak, maka akan semakin mudah disikat dan dibersihkan.

foto: TikTok/@ferriszachra

Setelah disikat, bilas tungku kompor sampai benar-benar bersih. Lalu keringkan dengan lap atau tisu dapur. Nah, tungku kompor yang semula penuh kerak jadi lebih bersih dan kinclong, lho. Cara membersihkannya pun sangat mudah dan cepat. Kamu bisa mempraktikkannya dengan menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah.

foto: TikTok/@ferriszachra

Sejak diunggah pada 11 April lalu, video ini telah ditonton lebih dari 540 ribu kali. Siapa sangka, banyak warganet yang tertarik dan ikut memberikan tanggapan secara langsung melalui kolom komentar. Tidak sedikit yang kemudian mengungkapkan terima kasih karena telah mendapat ilmu baru yang bermanfaat.

 



"terima kasih tipnya d ijin share kakak Cantik," ungkap TikTok @shafafashion1.

"makasih tips nya... bermanfaat banget ini," sahut TikTok @mawaddah_1905.

"wow lagi butuh ini kak,.. terimakasih ilmunya," ujar TikTok @nurcholifah_beautycare.

"wah wajib di coba nih sama kompor2 di dapur," kata TikTok @bunaa194.

"keren sih ini sat set bersih hemat tenaga," pungkas TikTok @eka.hanin.