Trik bikin bihun goreng jadi gurih, kenyal, tak hancur, dan tidak cepat basi.

Dilansir BrilioFood dari TikTok @ayusaidfamily pada Rabu (1/5), masukkan bihun ke wadah. Alih-alih direbus, ia justru menuang air mendidih ke wadah tersebut. Rendam bihun selama beberapa menit agar teksturnya empuk.

foto: TikTok/@ayusaidfamily

Setelah direndam beberapa saat, bilas lalu tiriskan bihun. Tunggu beberapa saat sampai kandungan airnya berkurang sempurna. Kalau sudah dingin, beri garam, minyak wijen, dan kecap manis. Aduk-aduk sampai bihun berubah warna jadi kecokelatan secara sempurna.

foto: TikTok/@ayusaidfamily

Di sisi lain, potong-potong sayuran yang akan dipakai. Dalam unggahan video tampak ia memakai cabai hijau, wortel, dan daun bawang. Lalu tumis bawang putih dan bawang merah yang sudah dihaluskan, aduk-aduk sampai mengeluarkan aroma harum. Setelah itu, masukkan irisan sayuran yang sudah disiapkan.

foto: TikTok/@ayusaidfamily

Baru masukkan bihun yang sudah diolah tadi ke dalam wajan. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur sempurna. Terakhir, masukkan irisan daun bawang. Kalau sudah mengering dan matang sempurna, angkat bihun goreng.

foto: TikTok/@ayusaidfamily

Karena tidak berair, bihun goreng pun akan tahan lama saat disajikan. Tampilannya menggiurkan, kan?

 

Cara memasak bihun agar tidak menggumpal.

Untuk memasak bihun agar tidak menggumpal, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba.

1. Rendam bihun dengan air dingin.

Sebelum dimasak, rendam bihun dalam air dingin selama sekitar 10-15 menit. Ini akan membantu memisahkan serat bihun dan mencegahnya saling menempel.

2. Gunakan air mendidih.

Ketika kamu memasak bihun, pastikan air yang digunakan sudah mendidih sebelum menambahkan bihun. Ini akan mempercepat proses memasak dan mencegah bihun untuk terlalu lama terendam di air panas, yang bisa membuatnya lembek dan menggumpal.

3. Jangan terlalu lama memasak.

Bihun hanya membutuhkan sedikit waktu untuk dimasak, biasanya sekitar 3-5 menit setelah direndam dalam air mendidih. Jika dimasak terlalu lama, bihun bisa menjadi terlalu lembek dan mudah menggumpal.

4. Tiriskan dengan baik.

Setelah dimasak, tiriskan bihun dengan baik menggunakan saringan atau peralatan peniris lainnya. Hindari menyiramnya dengan air dingin, karena ini bisa membuat bihun terlalu basah dan akhirnya menggumpal.

5. Tambahkan sedikit minyak.

Setelah bihun ditiriskan, tambahkan sedikit minyak (misalnya minyak wijen) dan aduk perlahan untuk mencegah bihun saling menempel.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu seharusnya bisa memasak bihun dengan tekstur yang lembut dan tidak menggumpal.