Cara ini sempat dibagikan oleh warganet di akun YouTube Global delights. Ia mengaku gemar masak ampela ayam jadi krispi dengan cara digoreng di air fryer. Lantas, sebelum menggoreng ampela ayamnya, alih-alih direbus dulu, ia lebih senang memarinasi ampela pakai dua bahan dapur supaya hasilnya empuk maksimal.

"This is the key to tender chicken gizzard (Ini kunci bikin ampela ayam yang empuk)," ujarnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Global delights pada Minggu (30/4).

Awal mula, siapkan dulu ampela ayam yang sudah dicuci bersih di dalam mangkuk. Selanjutnya, tuangkan cuka masak sampai seluruh ampela ayam terendam sempurna. Aduk sebentar, kemudian diamkan selama 30 menit.

foto: YouTube/Global delights

Usai direndam dengan cuka, tiriskan ampela ayam, lalu taburi dengan baking soda secukupnya. Aduk sampai seluruh bagian ampela ayam terselimuti dengan baking soda. Diamkan lagi selama kurang lebih 30 menit.

foto: YouTube/Global delights

Setelahnya, ampela ayam bisa dibilas sampai bersih. Tekstur sudah cukup empuk, ampela ayam ini pun siap dibumbu dan dimasak sesuai selera. Gimana, hanya pakai cuka dan baking soda, cara empukkan ampela ayam ini simpel banget, kan?

Dilansir dari tastingtable.com, cuka dan baking soda memiliki sifat asam dan basa yang dapat menghasilkan reaksi alami pada ampela dan daging hewani lainnya. Alhasil, saat dijadikan bahan marinasi, cuka dan baking soda ampuh mengubah tekstur serat-serat ampela jadi tak alot lagi.

Wah, sekarang sudah tahu kan cara kerja cuka dan baking soda untuk mengempukkan ampela? Kira-kira, tertarik mencobanya di rumah, nggak? Mengintip unggahan milik YouTube Global delights, sejumlah warganet terlihat antusias dengan cara ini, lho. Meskipun belum mendapat banyak komentar, tapi unggahan ini sudah ditonton lebih dari seribu kali.