Brilio.net - Bunga pepaya atau kembang pepaya merupakan salah satu bahan makanan yang terkenal menyehatkan. Selain memiliki cita rasa unik, bunga pepaya juga kaya nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Bunga pepaya mengandung berbagai macam vitamin dan mineral penting, seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, dan fosfor.

Biasanya, bunga pepaya digunakan dalam berbagai hidangan tradisional. Baik sebagai bahan utama maupun pelengkap yang menambah kelezatan serta nilai gizi dari hidangan tersebut. Rasanya yang pahit, membuat sebagian orang kerap mengincar bahan makanan satu ini. Namun di sisi lain, rasa pahitnya yang cukup pekat juga bikin banyak orang enggan mengonsumsi bunga pepaya.

Jika kamu kurang suka rasa pahit bunga pepaya, ada sejumlah trik yang bisa dilakukan. Salah satu triknya adalah dengan cara direbus menggunakan asam jawa. Namun jika tidak memiliki stok asam jawa, kamu bisa menggunakan trik lain seperti yang dilakukan pengguna Instagram @fahrunnizarf.

Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku menggunakan bahan lain saat mengolah bunga pepaya supaya rasa pahitnya berkurang drastis. Bukan dengan direbus, bunga pepaya ini hanya dimarinasi saja, lho. Dilansir BrilioFood dari akun Instagram @fahrunnizarf pada Senin (29/7), bahan dapur yang dimaksud adalah jeruk nipis.

foto: Instagram/@fahrunnizarf

Cara pakainya mudah. Pertama-tama, siapkan bunga pepaya dan masukkan ke wadah atau baskom. Jika sudah, peras satu buah jeruk nipis ke permukaan bunga pepaya. Setelah itu, aduk-aduk sampai diremas menggunakan tangan.

foto: Instagram/@fahrunnizarf

Selanjutnya, diamkan selama 30 menit agar rasa pahitnya berkurang. Pada dasarnya, jeruk nipis dikenal efektif menghilangkan rasa pahit bunga pepaya karena mengandung asam sitrat tinggi. Selain jeruk nipis, kamu juga bisa menggunakan cuka, lho. Asam ini memiliki kemampuan untuk mengurai senyawa pahit yang terdapat pada bunga pepaya.

foto: Instagram/@fahrunnizarf

Jika sudah, kamu bisa langsung merebus bunga pepaya sebentar. Barulah kemudian bunga pepaya dapat langsung diolah seperti biasa. Dijamin rasanya nggak pahit dan lebih enak dikonsumsi.

"Pas aku makan tadak lagi rasa pahitnya weyyy MashaAllaah ngga jadilah aku ke kang sayur tadi beli asam Jawa hihi," kata Instagram @fahrunnizarf.