Brilio.net - Membekukan daging bisa jadi cara tepat untuk memperpanjang masa simpannya. Namun kondisi daging seperti ini cenderung sulit diolah karena teksturnya yang keras. Oleh sebab itu, daging beku memang harus dicairkan terlebih dahulu saat hendak dimasak.

Sayangnya, mencairkan daging beku kerap menjadi PR tersendiri bagi banyak orang. Bagaimana tidak, butuh waktu berjam-jam untuk membuat tekstur daging jadi lunak. Sedangkan jika ingin lebih cepat, daging harus dipanaskan dengan alat khusus agar esnya bisa mencair dan daging tidak matang.

Padahal tahu nggak, sih? Sebenarnya ada sebuah trik yang bisa dilakukan jika ingin mencairkan daging dengan lebih cepat dan aman. Seorang pengguna Instagram @rumah_stia pernah membagikan trik tersebut melalui salah satu video yang diunggah. Dia mengaku bisa membuat daging beku jadi lebih lembut dalam 7 menit tanpa proses pemanasan.

"Cocok buat kalian yang lupaan. Pengen cepat tapi nggak punya alat pemanas," ujar Instagram @rumah_stia.

Bahan yang dibutuhkan untuk mencairkan daging beku.

Usut punya usut, dia mengandalkan sejumlah bahan sederhana yang ada di dapur. Dilansir BrilioFood pada Jumat (14/6), bahan dapur yang dimaksud adalah cuka dan garam. Selain itu, dia juga menggunakan air hangat agar daging cepat lunak, namun tetap tidak matang.

foto: Instagram/@rumah_stia

Lebih jelasnya, siapkan 1 liter air hangat dalam mangkuk. Setelah itu, masukkan 1 sdm garam dan 1 sdm cuka ke dalamnya. Aduk-aduk sampai semua bahan larut dan tercampur merata.

Jika sudah, masukkan daging beku yang hendak dicairkan. Nah, agar tetap higienis, sebaiknya kemas daging dalam plastik. Jadi, jangan langsung direndam dalam air karena berpotensi meningkatkan kontaminasi bakteri.

foto: Instagram/@rumah_stia

Setelah daging dimasukkan, diamkan sampai beberapa menit. Dalam video tersebut, dia mengaku daging yang direndam bisa langsung mencair dan lunak dalam waktu 7 menit saja. Setiap potongannya mulai terpisah, lalu tekstur daging benar-benar jadi lembut sehingga mudah dimasak.

foto: Instagram/@rumah_stia

Manfaat cuka dan garam dalam mencairkan daging beku.

Dilansir dari projectboard.world, ketika cuka diaplikasikan pada daging beku, asam asetat membantu menurunkan suhu di sekitar daging, mempercepat proses pencairan. Di sisi lain, garam dapat menarik air dari dalam daging ke permukaan, yang pada akhirnya membantu mencairkan es di permukaan daging. Nah, kombinasi cuka (asam) dan garam (basa) juga dapat menciptakan reaksi kimia yang menghasilkan panas. Dengan begitu, panas yang dihasilkan dari reaksi ini dapat membantu mempercepat pencairan es pada daging beku.

foto: Instagram/@rumah_stia

Sejak diunggah pada Rabu (12/6) lalu, video tentang trik mencairkan daging beku ini telah ditonton lebih dari 790 ribu kali. Nggak heran jika kemudian unggahan tersebut menuai banjir komentar dari warganet. Tidak sedikit pengguna Instagram lain yang mengaku baru tahu dan hendak mempraktikkan trik tersebut secara langsung.

"Masyaallah terima kasih kak infonya bisa buat mpasi anak2 nanti," kata Instagram @thaza_bintang.

"Aku biasanya cuma rendem air biasa di panci besar/ baskom sampai bungkusan dagingnya kerendem juga bisa defrosting," papar Instagram @fetyfety.

"harus di coba nii aku masih tim nunggu lamaa," sahut Instagram @keinahouse.

"Udah kulakuin setahun terakhir dan sekarang nyetok cuka di rumah buat defrost daging ayam juga biar masaknya satset," tulis akun Instagram @liginaga_.

"Baru tau akuu mau coba aah nanti," komentar akun Instagram @dirumah.dewildan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Gunis & Yogi (@rumah_stia)