Nah, untuk mendapatkan airnya tersebut, jeruk nipis tentu harus dibelah dan diperas terlebih dahulu. Memeras jeruk nipis pada dasarnya merupakan hal yang mudah, tapi ternyata tidak sedikit orang yang belum bisa mengeluarkan air perasannya secara maksimal. Alhasil, air jeruk nipis yang didapat hanya sedikit.

Pada dasarnya, ada trik tertentu untuk menghasilkan perasan jeruk yang melimpah. Sebagian orang biasanya akan menggunakan bantuan microwave. Jadi, jeruk tersebut akan dipanaskan dulu dalam microwave agar teksturnya lembut dan berair. Barulah kemudian, jeruk dipotong dan diperas.

Tapi jika tidak ada microwave di rumah, kamu bisa menggunakan trik lain, lho. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube MAMA RD. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan teknik sederhana saat memeras jeruk nipis agar hasil airnya melimpah.

Dilansir BrilioFood pada Rabu (16/8), hal pertama yang harus dilakukan adalah memperhatikan jeruk nipis yang akan diperas. Nah, jeruk nipis yang berair biasanya punya kulit yang tipis. Selain itu, pori-pori pada kulit jeruk juga cenderung kecil atau rapat.

Selanjutnya, letakkan jeruk di tempat yang permukaannya bergelombang. Misalnya di tempat peniris piring samping wastafel. Nah, pastikan tempat tersebut dalam kondisi bersih, lalu letakkan jeruk dan tekan sambil terus digulung secara berulang.

foto: YouTube/MAMA RD

Proses menekan dan menggulung jeruk nipis akan membantu melepas bulir-bulir air di bagian dalamnya. Jika bulirnya terlepas dari kulit, jeruk akan menghasilkan lebih banyak air saat diperas nanti. Oleh sebab itu, proses ini wajib dilakukan jika ingin hasil perasan jeruk nipis bisa melimpah.

foto: YouTube/MAMA RD

Setelah itu, iris jeruk nipisnya. Dalam video tersebut, dia menggunakan dua cara saat memotong jeruk. Cara pertama, jeruk dipotong di setiap sisi sampingnya. Hal ini akan menghasilkan empat iris jeruk nipis. Jika sudah, peras setiap bagiannya.

Cara pertama tersebut cenderung paling umum dilakukan. Namun sebenarnya, ada metode lain yang lebih efektif dalam mengeluarkan air perasan jeruk nipis, lho. Kamu cukup mengiris satu sisi jeruk yang berada di bagian ujung (bekas batang).

foto: YouTube/MAMA RD

Jika sudah, ambil wadah dan sendok atau garpu. Pegang sendok dalam posisi terbalik di tangan kanan. Lalu jeruknya di tangan kiri. Lalu tusuk jeruk menggunakan ujung sendok sambil terus diputar-putar (sendoknya). Nah, sembari ditusuk, peras jeruk menggunakan tangan kiri.

foto: YouTube/MAMA RD

"Nah, lebih banyak airnya kalau menggunakan cara kedua ini," ujar YouTube MAMA R.

Hasil air memang jadi melimpah karena jeruk diperas dengan maksimal. Bahkan dalam video tersebut, jeruk yang sudah diperas tampak benar-benar layu dan kosong. Hal ini menandakan bahwa kandungan air di dalamnya sudah habis.