Brilio.net - Gelas kaca yang jatuh bisa menyebabkan serpihan kaca berserakan. Pecahan kaca tersebut biasanya langsung dibuang agar tidak membahayakan. Namun pecahan kaca sebaiknya dibuang dengan baik. Pasalnya, membuang pecahan gelas kaca sembarangan menimbulkan bahaya fisik bagi siapa pun yang menginjaknya secara tidak sengaja.

Terutama, jika terdapat pecahan kecil yang sulit terlihat dapat menembus kulit, hal ini berisiko menyebabkan luka yang dalam dan terinfeksi. Bahkan pecahan yang terlihat kecil pun bisa menjadi potensi bahaya, terutama bagi anak-anak dan hewan peliharaan yang tidak sadar akan keberadaannya.

Membuang pecahan gelas kaca secara sembarangan juga dapat menyebabkan kerusakan pada lingkungan. Gelar pecah yang tidak terkelola dengan baik dapat mencemari lingkungan, terutama jika akhirnya terbawa ke sumber air atau tanah. Bahan kimia dari lapisan kaca yang terkontaminasi dapat mencemari air tanah dan mengganggu ekosistem alami.

Hal inipun dapat berdampak jangka panjang terhadap kehidupan hewan dan manusia yang mengandalkan sumber daya alam tersebut.

Salah satu trik aman membuang pecahan gelas kaca bisa dilakukan dengan memasukkannya ke dalam kardus. Nantinya, pada bagian luar kardus tersebut, bisa kamu tuliskan keterangan ampas pecah belah, sehingga petugas pengelola sampah lebih berhati-hati saat mengambilnya.

foto: YouTube/MEATWOOD Engineer

Pengalaman seputar membuang pecahan gelas kaca juga sempat dibagikan oleh pengguna akun YouTube MEATWOOD Engineer. Pria ini mengaku sangat menyayangkan jika masih ada orang yang sembarangan saat membuang ampas pecahan gelas kaca. Menurutnya, ada banyak trik aman yang bisa digunakan untuk membuang pecahan gelas kaca.

"Biasanya dimasukkin plastik gini mah, memang kelihatan rapi, tapi tipis, (pecahan kaca) gampang tembus," tuturnya, dikutip BrilioFood dari YouTube MEATWOOD Engineer pada Senin (22/7).

foto: YouTube/MEATWOOD Engineer

Pemilik akun YouTube MEATWOOD Engineer menjelaskan, ia cuma butuh satu alat sederhana untuk membuang pecahan gelas kaca, yakni pakai botol plastik bekas. Potong botol plastik tersebut jadi dua bagian dengan bantuan pisau.

foto: YouTube/MEATWOOD Engineer

Setelah itu, masukkan semua pecahan gelas kaca ke dalam botol. Sambungkan lagi botol tersebut sampai benar-benar rapat dengan lakban. Jika sudah, pecahan gelas kaca terbungkus botol bisa dibuang ke tempat sampah tanpa khawatir melukai siapapun.