Brilio.net - Penggunaan karpet di rumah memang bisa menambah estetika ruangan. Namun agar warna dan kualitasnya tetap terjaga, karpet harus dirawat dengan baik. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan karpet secara rutin agar bebas kotoran dan bau.

Meskipun dalam beberapa kasus, sejumlah noda seperti bekas urin hewan yang menempel di karpet cenderung sulit dihilangkan. Karpet yang terkena urin akan mengeluarkan bau pesing yang menyengat. Nah, bau ini bisa bikin karpet apek dan kurang nyaman digunakan.

Lantas untuk mengatasi masalah tersebut, sejumlah orang biasanya akan mencuci dan menjemur karpet di bawah terik matahari. Paparan sinar matahari dinilai dapat membuat bau pesing menguap dan hilang. Oleh sebab itu, banyak orang menganggap proses penjemuran sangat efektif membuat karpet tetap awet.

Namun selain dijemur, sebenarnya bau pesing ini bisa dihilangkan dengan cara lain, lho. Seorang pengguna YouTube Kadalwarsa Channel pernah membagikan trik hilangkan bau pesing di karpet menggunakan bahan dapur. Dilansir BrilioFood pada Kamis (13/6), bahan dapur yang dimaksud adalah cuka makan.

Tahapan membersihkan karpet pesing pakai cuka makan.

Nah, pada dasarnya, cuka makan ini bisa membantu menetralisir bau pesing. Namun agar cukanya bisa bekerja lebih maksimal menghilangkan bau, dia juga menggunakan bahan lain, yakni pewangi pakaian dan air panas. Sejumlah bahan ini nantinya akan dicampur jadi satu.

foto: YouTube/Kadalwarsa Channel

Cara pakainya pun cukup mudah. Siapkan air panas dalam gelas, lalu tuang satu sachet pewangi pakaian. Jika sudah, masukkan cuka secukupnya. Setelah itu, aduk-aduk semua bahan ini sampai tercampur merata.

Selanjutnya, pindahkan cairan tersebut ke botol spray. Kocok-kocok lagi, lalu siap digunakan. Langsung semprotkan cairan ini ke bagian karpet yang bau pesing. Tak perlu terlalu banyak dan jangan sampai basah agar karpet tidak apek nantinya.

foto: YouTube/Kadalwarsa Channel

Jika sudah, langsung keringkan karpet. Tak melulu harus dijemur, kamu bisa mengeringkan karpet dengan cara diangin-anginkan menggunakan kipas. Dengan begitu, karpet yang sudah kering akan jadi lebih wangi dan bebas bau pesing.

Pada dasarnya, cuka memiliki peran penting dalam menghilangkan bau pesing. Melansir dari popsci.com, kandungan asam asetat pada cuka mampu menetralkan senyawa amonia yang terdapat dalam urin. Selain itu, cuka juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau tak sedap.

foto: YouTube/Kadalwarsa Channel

Unggahan tentang trik hilangkan bau pesing karpet ini telah ditonton lebih dari 21 ribu kali. Siapa sangka, banyak pengguna YouTube lain yang tertarik dan mengaku hendak mencoba trik tersebut secara langsung. Hal ini diungkapkan melalui kolom komentar video tersebut.

"Alhamdulilah nanti qucoba," ujar YouTube @mayaya480.

"Besok ane coba gan," papar YouTube @ilhamalbirru6290.

"Trims ilmux," tulis akun YouTube @ipada9529.