Brilio.net - Menjaga kebersihan baju jadi penting kalau mau kelihatan rapi. Apalagi kalau baju formal seperti kemeja atau seragam sekolah. Sayangnya, terkadang saat beraktivitas baju bisa terkena noda yang tidak diinginkan.

Kalau tidak langsung dicuci, noda tersebut jadi semakin sulit dihilangkan. Bahkan terkadang, noda tersebut masih terlihat jelas meski baju sudah dicuci pakai detergen. Agar bersih maksimal, mau nggak mau kamu harus menggosoknya dengan sekuat tenaga dan dalam waktu yang lama.

Tapi buat yang nggak mau capek, kamu bisa meniru cara menghilangkan noda di baju yang ditunjukkan oleh pengguna Instagram @kakak_maryam. Di unggahan videonya, warganet ini tampak mengandalkan satu bahan dapur saja. Penasaran bagaimana caranya?

Langkah mudah hilangkan noda di baju andalkan bahan dapur.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @kakak_maryam pada Senin (24/6), satu bahan dapur yang dipakai adalah cuka putih. Tanpa perlu dibilas atau dicuci terlebih dahulu, langsung tuang cuka putih ke atas noda di pakaian.

foto: Instagram/@kakak_maryam

Tampak dalam unggahan videonya, warganet ini menuang cuka putih ke beberapa bagian baju. Di sisi lain, tuang 1 liter air panas ke dalam ember. Lalu tambahkan 2 sdm cuka putih ke dalamnya, aduk-aduk sampai tercampur sempurna.

foto: Instagram/@kakak_maryam

Lalu masukkan baju ke dalam larutan cuka putih tersebut. Diamkan dan rendam baju selama 10 menit.

foto: Instagram/@kakak_maryam

Setelah direndam selama 10 menit, tampak noda di baju sudah hilang tak tersisa. Padahal, baju nggak dikucek atau disikat sama sekali. Tinggal cuci baju pakai detergen seperti biasa.

foto: Instagram/@kakak_maryam

Proses selanjutnya, bilas baju dengan air bersih. Lalu jemur baju di bawah sinar matahari sampai kering sempurna. Hasilnya, permukaan baju tampak bersih maksimal. Nggak ada lagi noda membandel yang terlihat di semua bagian.

Usut punya usut, hal ini dikarenakan kandungan dalam cuka yang dianggap ampuh mengangkat noda membandel. Hal ini sempat dijelaskan juga oleh sang pemilik video.

"Cuka putih adalah natural cleaner, ia dapat membantu mengangkat noda hingga ke serat pakaian," jelasnya lebih lanjut.