Cara bikin semir ban sendiri dari bahan dapur.

Dilansir BrilioFood pada Selasa (7/5), bahan yang digunakan meliputi sabun cuci piring dan oli bekas. Selain itu, ada tambahan satu bahan dapur, yakni gula pasir. Nah, gula pasir ini yang menjadi kunci utama yang akan membuat ban mobil kembali kinclong dan benar-benar bersih.

foto: YouTube/Yoga Arief

Untuk cara pakainya, cukup siapkan gelas terlebih dahulu. Lalu masukkan 2 sdm gula pasir dan air panas ke dalam gelas. Setelah itu, aduk-aduk sampai gulanya mencair dan larut dalam air.

Selanjutnya, tuang 1 sdm sabun cuci piring dan aduk-aduk lagi. Barulah kemudian masukkan 1/2 sdm oli bekas, aduk-aduk lagi. Nah, penggunaan oli ini tak perlu terlalu banyak agar cairannya bisa mudah kering saat diaplikasikan. Dengan begitu, tidak ada debu atau kotoran yang mudah menempel ke ban mobil saat dibersihkan.

foto: YouTube/Yoga Arief

Jika semua bahan-bahan ini sudah tercampur rata, langsung aplikasikan ke ban mobil yang buluk dan kotor. Agar lebih mudah digunakan, pindahkan cairan pembersih ini ke dalam botol yang tutupnya sudah dilubangi. Setelah itu, tuang sedikit cairannya ke spons cuci piring. Lalu gosokkan ke ban yang kotor.

"Yang kita percantik yang pinggir saja. Untuk tapaknya nggak usah karena (cairan) ini mengandung oli. Karena kalau licin, ada oli, itu bisa mengurangi gigitan atau grip saat di atas aspal. Jadi kita bersihkan pinggirnya saja," ujar YouTube Yoga Arief.

foto: YouTube/Yoga Arief

Setelah digosok merata, diamkan sebentar agar kering. Jika sudah kering, tampilan ban akan semakin kinclong dan mengilap seperti baru, lho. Hasilnya tidak jauh berbeda ketika kamu menggunakan semir ban dengan harga yang mahal.

foto: YouTube/Yoga Arief

Unggahan tentang cara bersihkan ban mobil ini telah ditonton lebih dari 296 ribu kali. Siapa sangka, banyak pengguna YouTube lain yang tertarik dan turut memberikan tanggapan secara langsung melalui kolom komentar. Bahkan ada warganet yang mengaku sudah berhasil menerapkan trik dalam video tersebut.

"Saya udah coba
Mantap
Puas
Mksi udah kasih tau," ujar YouTube @junaputra4778.

"Sangat bermanfaat ilmunya bosku," tutur YouTube @mankelana9126.

"Mantap pak akan saya coba di sepeda saya biar keren kl gowess," papar YouTube @jacktrian.

"Kebanyakan bengkel2 cuci motor/mobil,utk pengkilap ban digunakan sabun cuci pring di oplos dg oli bekas perbandingan 1:1, lbh mudah mudah membuatnya.
Dan hasilnya jg bagus," kata YouTube @kukak_papam6042.

"Keren idenya kreatif," ungkap YouTube @krisna1341.

 


Tips perawatan ban mobil agar tetap berkualitas dan tak cepat aus.

Perawatan ban mobil yang baik dapat membantu memperpanjang umur pakai ban dan menjaga kualitas serta performa kendaraan. Berikut adalah beberapa tips perawatan ban mobil agar tetap berkualitas dan tidak cepat aus:

1. Cek tekanan udara secara teratur.

Pastikan tekanan udara dalam ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Tekanan udara yang tidak sesuai dapat mengakibatkan ban cepat aus dan tidak merata.

2. Periksa dan lakukan rotasi ban secara berkala.

Melakukan rotasi ban setiap 8.000-10.000 km dapat membantu menghindari aus yang tidak merata dan memperpanjang umur pakai ban.

3. Hindari beban berlebih.

Jangan melebihi kapasitas muatan yang disarankan oleh pabrikan, karena hal ini dapat mempercepat keausan ban.

4. Hindari pengereman mendadak.

Pengereman mendadak dapat menyebabkan ban terkunci dan mengalami "flat-spotting", yang dapat merusak ban.

5. Jaga kebersihan ban.

Bersihkan ban secara teratur dari debu, kotoran, dan bahan kimia seperti oli atau bensin yang dapat merusak karet ban.

6. Gunakan ban sesuai kondisi jalan.

Gunakan ban yang sesuai dengan kondisi jalan yang akan dilalui, misalnya ban all-season atau ban musim panas/musim dingin.

7. Hindari kecepatan tinggi.

Mengemudi dengan kecepatan tinggi dapat mempercepat keausan ban, terutama jika tekanan udara dalam ban tidak sesuai.

8. Perhatikan keseimbangan dan pelek.

Pastikan pelek dalam kondisi baik dan seimbang, karena pelek yang tidak seimbang dapat menyebabkan ban aus tidak merata.

9. Lakukan perawatan tambahan.

Gunakan produk pelumas khusus untuk karet ban, seperti "tire dressing", untuk melindungi karet ban dari cuaca dan ozon yang dapat merusak.