Bahan dapur yang digunakan adalah cuka dan baking soda. Selain kedua bahan dapur tersebut, ia juga menambahkan cairan pemutih pakaian untuk menghilangkan jamur pada karet mesin cuci.

foto: TikTok/@wiwintriyani0

Pertama, pengguna TikTok tersebut membersihkan bagian tabung mesin cuci terlebih dulu dengan cuka dan baking soda.

"Langkah pertama cuci tabungnya cukup pakai cuka putih dan baking soda ya. Tinggal masukkan saja baking soda ke tempat detergen, cukanya langsung ke tabung saja ya," tulis akun TikTok @wiwintriyani0, dilansir BrilioFood pada Selasa (30/1).

foto: TikTok/@wiwintriyani0

Tuang air ke dalam mesin cuci. Lalu nyalakan mesin cuci seperti biasa agar lumut yang menempel bisa terangkat. Hasilnya, tabung mesin cuci mulai terlihat bersih, namun jamur pada bagian karetnya belum sepenuhnya terangkat.

foto: TikTok/@wiwintriyani0

Pengguna TikTok tersebut pun memilih untuk membersihkan bagian karet mesin cuci dengan cairan pemutih pakaian. Caranya, tuang cairan pemutih secukupnya ke dalam suatu wadah. Lalu celupkan kain, tisu, atau kapas.

foto: TikTok/@wiwintriyani0

Setelah itu, tempelkan kain, tisu, atau kapas tersebut ke dalam sela-sela karet mesin cuci. Biarkan kain atau tisu tersebut menempel semalaman agar bisa menyerap dan mengangkat noda jamur secara maksimal.

"Celupkan kain ke pemutih. Kalau saya pakai tisu dapur biar cepat menyerap. Masukkan ke sela-sela karet yang berjamur, diamkan semalaman," tambahnya.

foto: TikTok/@wiwintriyani0

Setelah didiamkan semalaman, terlihat noda jamur mulai terangkat dan diserap oleh lapisan tisu. Kemudian buang tisu yang dipenuhi noda jamur. Nah untuk membersihkan sisa cairan pemutih di karet mesin cuci, pengguna TikTok tersebut kembali mencuci tabung mesin cuci.

"Cuci lagi tabungnya untuk mengeluarkan sisa-sisa pemutih. Takur luntur kena baju berwarna," ungkapnya.

foto: TikTok/@wiwintriyani0

Setelah dicuci kedua kalinya, bagian dalam mesin cuci tampak lebih bersih dan kinclong. Noda jamur kecokelatan yang awalnya terlihat di bagian karet mesin cuci juga sudah luntur dan tampilannya jadi seperti baru.

"Wow lumayan kinclong kan. Ibu-ibu bisa terhepi-hepi," pungkasnya.

Cukup mudah dan praktis, ya? Kamu nggak perlu repot membongkar dan mencuci mesin cuci secara manual. Hanya dengan mengandalkan beberapa bahan sederhana, lumut dan jamur di dalam mesin cuci auto luntur.