Trik goreng bakwan awet renyah.

Nah, sebelum masuk ke triknya, siapkan dulu bumbu halus dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, serta kemiri. Pemilik akun Instagram @mardatillahika menjelaskan, kemiri jadi bumbu yang nggak boleh ketinggalan saat bikin bakwan, karena bahan ini membuat rasa bakwan semakin enak, lho.

foto: Instagram/@mardatillahika

Setelah bumbu halusnya jadi, sisihkan terlebih dahulu. Kemudian, siapkan mangkuk agak besar untuk meracik adonan. Masukkan tepung terigu protein tinggi, tepung beras, dan tepung maizena. Yup, itulah tiga jenis tepung inti untuk mempraktikkan trik goreng bakwan agar awet renyah ini.

"kebanyakan bikin bakwan pakai tepung serbaguna, coba kalian ganti pakai pro tinggi lalu rasakan perbedaannya ," tulis pemilik akun Instagram @mardatillahika di keterangan unggahannya, dikutip BrilioFood pada Minggu (30/4).

Selanjutnya, campurkan tepung dengan garam, kaldu bubuk, bumbu halus, dan air secukupnya. Aduk rata dan pastikan adonan jadi cenderung kental.

foto: Instagram/@mardatillahika

Saat tekstur adonan sudah pas, langsung masukkan semua bahan isian bakwan. Kamu bisa menggunakan irisan wortel, kubis, tauge, daun bawang, serta daun seledri seperti dalam unggahan milik Instagram @mardatillahika ini. Lalu, aduk sampai semua bahan tercampur rata.

Sebelum menggoreng adonan, panaskan dulu minyak agak banyak di dalam wajan. Gunakan api sedang saja supaya bakwan bisa matang sempurna dan tak mudah gosong. Setelah minyak benar-benar panas, baru goreng adonan bakwan sampai matang dan renyah.

foto: Instagram/@mardatillahika

Gimana, meski tak pakai baking soda, bakwan bisa dibuat renyah tahan lama dengan trik sederhana, kan? Mengintip unggahan Instagram @mardatillahika, selain sudah ditonton 880 ribu kali, tak sedikit warganet meninggalkan komentar antusias seputar trik ini, lho.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ika Mardatillah (@mardatillahika)

 

 

Cara memasak bakwan yang tidak berminyak.

Untuk memasak bakwan yang tidak terlalu berminyak, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

1. Penggunaan minyak yang tepat.

Gunakan minyak dengan benar. Pastikan minyak sudah cukup panas sebelum kamu mulai menggoreng bakwan. Minyak yang cukup panas akan membantu mencegah bakwan menyerap terlalu banyak minyak.

2. Jangan terlalu banyak menggoreng sekaligus.

Hindari menggoreng terlalu banyak bakwan dalam satu waktu. Ini dapat menyebabkan suhu minyak turun secara signifikan dan membuat bakwan menyerap lebih banyak minyak.

3. Perhatikan konsistensi adonan.

Pastikan adonan bakwan memiliki konsistensi yang tepat. Adonan yang terlalu encer dapat membuat bakwan menyerap lebih banyak minyak saat digoreng. Sebaliknya, adonan yang terlalu kental dapat membuat bakwan menjadi keras.

4. Perhatikan tekstur bahan-bahan.

Pastikan bahan-bahan seperti sayuran atau daging sudah diperas dan diiris tipis sehingga mereka bisa matang dengan cepat dan tidak mengeluarkan terlalu banyak air saat digoreng.

5. Gunakan tisu dapur.

Setelah menggoreng bakwan, letakkan mereka di atas tisu dapur atau kertas minyak untuk menyerap kelebihan minyak yang mungkin masih menempel.

6. Penggunaan wajan yang tepat.

Gunakan wajan yang cukup lebar sehingga bakwan bisa digoreng dengan merata tanpa perlu menumpuk satu sama lain. Hal ini akan membantu bakwan matang secara merata tanpa harus digoreng terlalu lama.

7. Gunakan alat penyaring.

Setelah menggoreng, kamu dapat menggunakan alat penyaring seperti saringan atau rak berlubang untuk mengeluarkan bakwan dari minyak secara langsung. Ini akan membantu mengurangi kontak bakwan dengan minyak berlebih.

8. Penyesuaian resep.

Jika kamu menemukan bahwa resep yang kamu gunakan menghasilkan bakwan yang terlalu berminyak, kamu bisa mencoba menyesuaikan proporsi bahan-bahan atau teknik memasaknya agar lebih cocok dengan preferensi kamu.