Brilio.net - Salah satu kendala yang kerap dialami banyak orang ketika mengolah ikan lele adalah pada tahap penggorengan. Saat digoreng, ikan lele mudah melengkung karena terkena suhu panas yang drastis. Ketika ikan lele melengkung saat digoreng, bukan hanya penampilannya saja yang kurang menarik, tetapi juga bagian dalamnya bisa matang tidak merata.

Sejumlah orang pun biasanya akan membaluri lele dengan tepung. Nah, tepung ini berfungsi untuk mempertahankan bentuk ikan lele yang lurus saat digoreng. Dengan begitu, bentuknya akan tetap cantik dan tidak melengkung.

Namun perlu diketahui bahwa penggunaan tepung ini juga bisa memengaruhi tekstur dan rasa ikan lele. Jika kamu ingin rasa ikan tetap original dan gurih, trik dari pengguna YouTube Falis Official ini bisa ditiru. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku tidak menggunakan tepung. Namun ada satu bahan dapur lain yang bisa diandalkan untuk membuat ikan lele tetap lurus saat digoreng.

Dilansir BrilioFood dari YouTube Falis Official pada Selasa (27/8), bahan dapur yang digunakan adalah garam. Nah, garam ini bisa membuat ikan lele tetap luruh saat digoreng. Selain itu, ikan lele yang diberi garam cenderung bebas lendir dan nggak lengket.

foto: YouTube/Falis Official

Cukup taburkan garam ke seluruh bagian ikan lele yang sudah dibersihkan insangnya. Lalu gosok-gosok sampai merata dan diamkan terlebih dahulu. Selain menghilangkan lendir, garam ini juga bisa bikin ikan lele nggak bau amis, lho.

foto: YouTube/Falis Official

Sembari menunggu ikan lele, siapkan bumbu marinasi. Dalam video tersebut, pengguna YouTube Falis Official menggunakan 1 sdm ketumbar, 2 siung bawang putih, 2 ruas kunyit, dan 1 ruas jahe yang dihaluskan bersama garam. Setelah halus, campur bumbu dengan air secukupnya dan aduk-aduk sampai rata.

Selanjutnya, ambil ikan lele yang sudah diberi garam tadi dan cuci bersih di bawah air mengalir. Barulah kemudian sayat-sayat dagingnya dan baluri ikan lele dengan bumbu marinasi secara merata. Agar bumbu meresap sempurna, diamkan selama minimal 30 menit.

foto: YouTube/Falis Official

Nah, ikan lele yang sudah dimarinasi bisa langsung digoreng. Caranya, tuang minyak banyak ke dalam wajan lebar. Semakin lebar wajan akan semakin baik karena ekor ikan lele tidak tertekuk. Selanjutnya, panaskan minyak goreng dan taburi dengan tepung secukupnya agar ikan lele tidak lengket atau meletup.

foto: YouTube/Falis Official

Barulah kemudian masukkan ikan lele yang sudah dibumbui. Goreng ikan lele sampai matang. Agar tidak tertekuk, sebaiknya balik ikan lele ketika teksturnya sudah agak padat dan garing. Lalu lanjut goreng sampai matang sempurna. Terakhir, tiriskan ikan lele dan sajikan untuk lauk makan.