Brilio.net - Karena sering dipakai, gunting lama-kelamaan bisa tumpul. Bagian mata pisaunya biasanya berkarat sehingga tidak bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Mengetahui sudah tumpul, sejumlah orang langsung mengganti gunting dengan yang baru.

Namun begitu, sebenarnya gunting yang telanjur tumpul bisa dipertajam lagi. Caranya, tinggal gosok mata pisau di gunting dengan kertas amplas. Setelah digosok berulang kali, mata pisau kembali tajam seperti baru lagi.

Tapi nggak perlu khawatir kalau kamu nggak punya kertas amplas, karena ada cara lain yang bisa ditiru untuk mempertajam kembali gunting. Caranya sempat ditunjukkan oleh pengguna Instagram @melizah21.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @melizah21 pada Senin (17/6), taruh gunting di wadah. Lalu tuang satu bahan dapur, yakni cuka. Bolak-balik gunting agar kedua mata pisaunya terkena cuka secara merata, ya.

foto: Instagram/@melizah21

Agar bersih maksimal, ia juga menambahkan satu bahan dapur lainnya, yakni baking soda. Jadi, dua bahan dapur yang dipakai adalah cuka dan baking soda. Kalau sudah, rendam gunting selama 15 menit agar larutan pembersih bekerja maksimal.

foto: Instagram/@melizah21

Setelah direndam selama 15 menit, ambil gunting. Gosok bagian mata pisaunya dengan sikat gigi bekas. Tanpa tenaga ekstra, noda karat di mata pisau gunting memudar dengan sendirinya.

Dilansir dari thespruce.com, kandungan natrium bikarbonat pada baking soda dan asam asetat dalam cuka saling berlawanan. Menghasilkan gelembung-gelembung kecil, mengangkat segala jenis kotoran membandel.

foto: Instagram/@melizah21

Lalu bilas gunting dengan air mengalir. Jangan lupa sambil digosok pakai tangan untuk memastikan tidak ada noda karat maupun larutan pembersih yang tersisa.

foto: Instagram/@melizah21

Hasilnya, gunting kembali kinclong seperti baru, kan?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Melizah (@melizah21)