Brilio.net - Gunting yang telah digunakan berbulan-bulan memang bisa berubah tumpul. Kalau sudah tumpul, hasil potongan gunting pastinya jadi tak rapi lagi. Banyak orang bingung cara mengatasinya, alhasil memilih membeli gunting baru alih-alih menajamkan gunting lama.

Padahal, mata pisau gunting bisa diasah dengan berbagai cara, misalnya digosok ke batu ataupun diusap pakai amplas. Namun, kalau kamu nggak punya batu maupun amplas, jangan khawatir dulu, karena masih ada cara lain.

Salah seorang warganet di akun YouTube Terbaru24 sempat membagikan sebuah unggahan berisi cara menajamkan gunting tumpul yang praktis banget, nih. Usut punya usut, cara ini ampuh menyulap gunting tumpul jadi setajam silet hanya mengandalkan satu kemasan minuman.

Jadi, kemasan minuman yang dimaksud adalah botol kaca. Kamu bisa menggunakan kaca dari jenis botol minuman apapun, seperti botol minuman berenergi, isotonik, sirup, dan lainnya.

Lantas, gesekkan mata pisau gunting ke leher botol kaca beberapa kali. Nah, karena kaca punya tekstur keras dan kokoh, jadi efektif untuk mengembalikan gunting tajam lagi.

"Lakukan berulang dan bolak-balik," tegas pemilik akun YouTube Terbaru24, dikutip BrilioFood pada Kamis (13/6).

foto: YouTube/Terbaru24

Usai diasah ke botol beberapa kali, lantas cek apakah ketajaman gunting sudah pas dengan mengguntingkan kertas atau plastik bekas.

foto: YouTube/Terbaru24

Jika masih belum cukup tajam, kamu bisa mengulangi proses menajamkannya pakai botol kaca beberapa kali lagi.