Brilio.net - Peralatan masak seperti panci merupakan kebutuhan dapur sehari-hari. Namun, penggunaan panci yang terus-menerus sering menyebabkan terbentuknya kerak pada permukaannya. Keberadaan kerak ini tentu dapat mengganggu proses memasak, membuat makanan cenderung menempel, meningkatkan risiko gosong, dan penampilannya jadi kurang menarik.

Nah, untuk menjaga kualitas panci, penting untuk segera mengatasi masalah kerak seperti ini. Penggunaan sabun pencuci piring saja kadang tidak cukup. Kerak pada permukaan panci tidak mau menghilang hanya dengan sabun cuci piring.

Belum lagi, proses pembersihan kerak ini justru malah menimbulkan goresan pada panci. Biasanya, orang-orang menggunakan cuka dan baking soda untuk mengusir kerak panci. Ternyata, ada trik lainnya lagi, lho. Trik membersihkan kerak panci agar kinclong ini menggunakan 1 alat dapur. Cara ini dibagikan oleh pemilik akun Instagram @eatsofficial lewat unggahan video.

"An easy hack to clean your dishes, (sebuah trik mudah untuk membersihkan cucian piringmu)" tulisnya dikutip BrilioFood dari Instagram @eatsofficial, Jumat (2/8).

foto: Instagram/@eatsofficial

Terlihat, pemilik video tersebut menggunakan satu alat dapur, yaitu arang kayu. Selain itu, ia juga menambahkan satu bahan dapur lagi yakni jeruk nipis.

foto: Instagram/@eatsofficial

Nah, langkah pertama, siapkan arang kayu terlebih dahulu, lalu hancurkan menjadi bubuk kasar. Untuk menghancurkannya kamu bisa memasukkan arang tersebut ke dalam plastik kresek. Kemudian, ikat seasalnya dan tumbuk arang tersebut dengan kayu atau alat lainnya.

Setelah arang kayu hancur, saring bubuk arang dan ambil bagian yang lembut. Lalu, pindahkan arang kayu ke dalam wadah seperti mangkuk kecil.

foto: Instagram/@eatsofficial

Kemudian, belah jeruk nipis menjadi beberapa bagian dan peras jeruk nipis hingga airnya keluar. Lalu, campurkan air perasan jeruk nipis dengan bubuk arang kayu. Aduk-aduk hingga berbentuk adonan atau pasta.

foto: Instagram/@eatsofficial

Kini, kamu bisa memulai untuk membersihkan kerak gosong pada permukaan panci. Letakkan panci di atas wastafel, dan oleskan pasta arang dan jeruk nipis ke permukaan panci secara merata. Kamu bisa menggunakan sendok atau sikat untuk mengolesinya.

foto: Instagram/@eatsofficial

Lalu, gosok seluruh permukaan panci menggunakan gosokan panci kawat agar keraknya mau menghilang. Gosok dengan gerakan memutar agar hasilnya maksimal. Tambahkan pasta arang kayu dan jeruk nipis jika kurang.

Setelah itu, bilas panci dengan air mengalir hingga bersih. Tampak dari video itu, permukaan panci menjadi bersih dan kinclong kembali. Tak ada kerak gosong yang tersisa di permukaan panci. Dengan begitu, panci menjadi lebih cantik dari sebelumnya.

foto: Instagram/@eatsofficial

Cara ini sangat efektif untuk mengembalikan panci seperti baru lagi. Hal itu, karena arang diketahui memiliki sifat abrasif lembut yang membantu mengikis kerak. Sementara, asam sitrat dalam jeruk nipis membantu melunakkan dan melarutkan kerak. Kombinasi keduanya juga lebih ramah lingkungan karena tak menggunakan bahan kimia. Yuk, cobain di rumah!