Pertama, siapkan dulu ember atau baskom untuk merendam kain pel. Kemudian, masukkan air secukupnya. Langsung tambahkan sejumlah bahan pembersih seperti detergen cair, pemutih pakaian, dan garam. Nah, garam inilah yang jadi salah satu bahan inti untuk memutihkan kain pel buluk.

"Jangan pakai detergen bubuk, (karena) akan menimbulkan bau amis dan lengket," imbuh pemilik akun TikTok @rumah.awjourney, dikutip BrilioFood pada Senin (15/1).

Aduk hingga semua bahan pembersih tercampur rata, lalu rendam kain pel buluk yang ingin dibersihkan. Tak sampai situ saja, pemilik akun TikTok @rumah.awjourney juga menambahkan 1 panci air panas yang baru direbus hingga mendidih. Air panas rupanya membantu racikan bahan pembersih bekerja lebih maksimal.

Kemudian biarkan kain pel terendam hingga airnya tak panas lagi atau selama beberapa jam. Nantinya, air rendaman akan berubah jadi lebih keruh yang menandakan noda pada kain pel berhasil luntur.

foto: TikTok/@rumah.awjourney

Selanjutnya, jika kain pel sudah putih kembali, kain pel bisa langsung dibilas dan digunakan kembali untuk mengepel lantai. Namun, kalau masih ada sisa noda, kamu bisa menyikatnya terlebih dahulu sebelum dibilas.

foto: TikTok/@rumah.awjourney

Gimana, meski tanpa cuka atau sitrun, kain pel tetap bisa kinclong lagi, kan? Kamu tertarik mencoba cara seperti dalam video yang sudah ditonton 9.000 kali atau punya cara lain buat memutihkan kain pel?