Semula, siapkan dulu ember dan isi dengan sabun pel atau bahan pembersih lantai apapun yang biasa kamu gunakan, tapi cukup tuangkan sedikit saja. Kemudian, kunci biar lantai bisa kinclong dengan mudah, yaitu gunakan air panas untuk melarutkan bahan pembersih tersebut.

Dilansir dari racold.com, air panas terbukti lebih efektif mengangkat noda debu, lemak, minyak, atau kotoran lain yang membandel di lantai daripada menggunakan air suhu ruang atau dingin. Pasalnya, air panas bisa masuk dengan mudah ke sela-sela kotoran dan membuatnya terpisah dari permukaan lantai.

foto: TikTok/@homehabit

Setelah ember berisi bahan pembersih diisi air panas secukupnya, celupkan kain pel ke dalamnya. Peras kain pel sampai tak ada sisa air yang menetes, kemudian langsung usapkan ke seluruh permukaan lantai yang ingin dibersihkan. Jika dirasa kain pel sudah agak kering, kamu bisa mencelupkannya lagi ke ember berisi bahan pembersih.

foto: TikTok/@homehabit

Saat lantai sudah dipel secara keseluruhan, jangan tunggu sampai kering dengan sendirinya. Pemilik akun TikTok @homehabit menjelaskan, hal tersebut bisa bikin lantai jadi licin. Lantas, langsung usap lantai pakai handuk kering yang bersih. Caranya, injak handuk tersebut dan gerakkan kaki ke seluruh area lantai yang baru dipel secara beringsut-ingsut.

"Shiny and non sticky (Kinclong dan nggak lengket)," cetus TikTok @homehabit, dikutip BrilioFood pada Selasa (10/10).

foto: TikTok/@homehabit

Nah, gimana, sederhana banget ya trik mengepel lantai satu ini? Buat kamu yang sering ogah mengepel lantai, dijamin usai pakai trik ini jadi semakin rajin, deh. Mengintip kolom komentar di video TikTok @homehabit yang sudah ditonton 56 ribu kali ini, tak sedikit warganet yang antusias ingin mencoba ataupun membagikan trik lain seputar mengepel lantai, lho.

"Tak melekit pastu wangi satu rumah (Nggak lengket, pasti seluruh rumah jadi wangi)," ujar TikTok @Ummi VO Talent .

"Pakai scrub a bath sekali boleh ke (Pakai sabun pembersih toilet bisa, kah?)," tanya TikTok @DeeDee.

"A bit of vinegar and cold water and the floor never gets Stick again (Pakai sedikit cuka dan air dingin, lantai jadi nggak lengket lagi)," imbuh TikTok @Carolin La Bella Vita.