Brilio.net - Lantai yang tampak bersinar tidak selalu berarti bersih, terutama jika hanya disapu dan tidak dipel secara rutin. Mengepel lantai sangat penting untuk menjaga kebersihan dan menghindari kuman, serta memberikan aroma yang segar. Menurut thespruce.com, lantai yang sering diinjak sebaiknya dipel setidaknya sekali dalam seminggu.

Namun, meskipun sudah rutin mengepel, terkadang lantai masih belum sepenuhnya bersih dan kurang wangi. Tidak heran jika banyak trik mengenai cara mengepel lantai beredar di media sosial. Untuk mendapatkan lantai yang lebih bersih, banyak orang menggunakan bahan dapur seperti cuka atau air panas.

Jika kamu tidak ingin menggunakan kedua bahan tersebut, jangan khawatir, karena masih ada trik lain yang sama efektifnya untuk membersihkan lantai. Salah satu trik ini dibagikan oleh seorang warganet yang akrab dipanggil Ariyanto. Menurutnya, cara ini sangat ampuh untuk membuat lantai menjadi super bersih dan harum.

"Kita sapu dulu sedikit secara merata supaya debu dan kotorannya berkurang," jelasnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Ariyanto tutor pada Kamis (12/9).

Setelah lantai disapu bersih, dilanjutkan dengan meracik cairan pembersih. Ariyanto mengaku biasanya memasukkan racikan cairan pembersih ini ke dalam botol air mineral bekas yang tutupnya sudah diberi lubang kecil. Masukkan air secukupnya ke dalam botol tersebut, kemudian masukkan dua bahan dapur yang jadi bahan inti buat mengepel lantai, yakni sabun cuci piring dan micin secukupnya.

Selanjutnya, tuangkan juga cairan pewangi atau pelembut pakaian yang kerap digunakan untuk mencuci baju. Tambahkan lagi sedikit air kalau ruangan yang lantainya ingin dipel cukup luas. Kemudian, kocok botol berisi cairan pembersih tersebut hingga merata.

foto: YouTube/Ariyanto tutor

Kalau cairan pembersih lantai sudah siap, langsung semprotkan secukupnya ke lantai yang ingin dipel. Lalu, siapkan alat pel, celupkan ke dalam ember berisi air bersih, peras, lalu usapkan ke lantai yang sudah diberi cairan pembersih. Pel lantai sampai rata selama beberapa saat, selanjutnya tunggu hingga lantai kering. Dijamin, hasilnya jadi kinclong dan wangi.

foto: YouTube/Ariyanto tutor