Brilio.net - Pisau blender termasuk komponen vital yang menentukan efisiensi dan kualitas blender dalam memproses berbagai bahan makanan. Semakin tajam pisau blender, tentu hasil makanan yang dihaluskan akan lebih maksimal dan lembut. Selain itu, pisau blender tajam dapat membantu menghaluskan berbagai jenis makanan dengan tekstur berbeda.

Sayangnya tidak dapat dipungkiri bahwa blender yang digunakan terus-menerus bisa menurun kualitasnya. Lebih tepatnya, pisau blender berpotensi tumpul seiring penggunaan. Kondisi seperti ini tentu akan membuat bahan makanan yang dihaluskan jadi nggak maksimal.

Pada dasarnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Pertama, kamu bisa membongkar pisau blender dan mengasahnya dengan amplas. Kedua, kamu dapat menghaluskan cangkang telur atau garam kasar di blender tersebut. Nah, gesekan cangkang telur atau garam akan mengikis dan membuat pisau blender jadi lebih tajam.

Tapi tahu nggak sih? Sebenarnya ada trik lain yang bisa dilakukan jika hendak menajamkan pisau blender. Trik ini pernah dibagikan oleh seorang wanita bernama Krisdiana. Melalui akun Instagram @kaderatupawon, dia mengaku hanya mengandalkan satu alat dapur untuk mengasah pisau blender agar kembali tajam.

Cara mudah menajamkan pisau blender.

foto: Instagram/@kaderatupawon

Dilansir BrilioFood pada Rabu (26/6), alat dapur yang dimaksud adalah kertas aluminium foil. Yup! Kertas ini biasa digunakan untuk membungkus makanan. Namun permukaannya yang kasar dan tajam bisa dipakai untuk mengasah pisau blender, lho.

Caranya pun cukup mudah. Pertama-tama, siapkan selembar kertas aluminium foil. Setelah itu, gunting-gunting jadi bagian kecil. Lalu masukkan ke blender.

foto: Instagram/@kaderatupawon

Selanjutnya, nyalakan blender dan biarkan aluminium foil tersebut tercacah halus. Jika sudah, matikan blender dan buang aluminium foil tersebut. Agar lebih aman digunakan untuk makanan, jangan lupa cuci bersih blender tersebut agar tidak ada sisa aluminium foil yang menempel.

foto: Instagram/@kaderatupawon

Nah, blender yang sudah tajam dan dicuci ini bisa digunakan kembali. Karena bagian pisaunya sudah tajam, bahan makanan yang diproses jadi lebih mudah halus. Selain itu, mesin blender juga bisa bekerja lebih maksimal dan efisien.

foto: Instagram/@kaderatupawon

Dilansir dari casadesante.com, tekstur foil yang abrasif akan membantu menghilangkan kusam dan mengembalikan ketajaman. Ketika pisau blender yang mulai tumpul bergesekan dengan potongan-potongan kecil aluminium foil, kontak antara pisau dan aluminium foil menciptakan efek mengasah (abrasif) yang ringan. Hal inilah yang kemudian membuat pisau blender jadi lebih tajam.

Namun perlu diketahui bahwa kertas aluminium foil tidak seefektif saat kamu menggunakan alat pengasah pisau profesional. Selain itu, hindari mengasah pisau blender menggunakan aluminium foil terlalu sering. Bukan tanpa sebab, hal tersebut bisa membantu menghindari potensi kerusakan jangka panjang pada pisau blender.