Brilio.net - Banyak orang belum tahu kalau mesin cuci juga bisa menumpuk noda. Biasanya, terdapat noda kerak ataupun lumut yang mengendap di area dalam mesin cuci. Tanda mesin cuci sudah sangat kotor bisa dilihat dari pakaian yang justru kotor usai dicuci dengan alat tersebut.

Di pasaran, sudah banyak dijual bubuk pembersih khusus untuk mesin cuci. Namun, harganya belum tentu bersahabat dengan dompet. Nah, buat kaum mendang-mending, ada trik usir noda di mesin cuci mengandalkan bahan sederhana yang mudah ditemukan di dapur seperti dibagikan pengguna akun TikTok @lena.boston, nih.

"This hack will save you a lot of money and time (Hack ini bisa membantumu lebih hemat uang dan waktu)," tulisnya di keterangan video TikTok @lena.boston, dikutip BrilioFood pada Kamis (15/8).

foto: TikTok/@lena.boston

Bahan dapur pertama yang harus disiapkan yaitu lemon. Belah buah lemon jadi dua bagian, kemudian tambahkan pasta gigi di atasnya. Kemudian letakkan lemon tersebut di dalam mesin cuci.

foto: TikTok/@lena.boston

Pemilik akun yang akrab disapa Lena ini kemudian mengoleskan pasta gigi ke area pintu mesin cucinya. Yup, kalau mesin cucimu juga memiliki pintu depan yang transparan, kamu juga bisa melakukan hal yang sama. Pasalnya, pintu depan mesin cuci tersebut kadang-kadang tampak buram karena dipenuhi noda kerak.

foto: TikTok/@lena.boston

Selanjutnya, kamu bisa menambahkan dua bahan dapur di area karet pintu mesin cuci, yakni baking soda dan cuka. Area karet pintu mesin cuci yang sudah kotor biasanya dilapisi noda lumut kehitaman, sehingga baking soda dan cuka jadi bahan efektif untuk mengusir nodanya.

foto: TikTok/@lena.boston

Terakhir, tinggal nyalakan mesin cuci seperti proses mencuci pakaian biasanya. Semua bahan mulai dari lemon, pasta gigi, baking soda, sampai cuka akan bekerja secara efektif untuk melunturkan noda pada mesin cuci.

foto: TikTok/@lena.boston

Lena lantas memperlihatkan hasil mesin cucinya yang sudah dibersihkan dengan bahan-bahan sederhana. Hasilnya kelihatan jauh lebih kinclong daripada sebelumnya, lho.