Brilio.net - Nasi sudah jadi makanan pokok orang Indonesia, bahkan tak sedikit yang beranggapan belum makan jika tak mengonsumsi nasi. Umumnya, nasi dikonsumsi dengan berbagai lauk seperti sayur, ikan, telur, dan banyak lagi. Nasi bisa membuat perut kenyang dan tubuh mendapatkan energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Meski kerap dianggap bikin gemuk, tapi nasi sejatinya baik untuk tubuh jika dikonsumsi secukupnya. Kebanyakan orang memilih untuk memasak nasi menggunakan rice cooker. Pasalnya selain praktis, menanak nasi di rice cooker juga cepat, karena hanya membutuhkan waktu hitungan menit.

Sayangnya, suhu tinggi pada rice cooker kadang membuat nasi menjadi cepat kering. Selain itu juga meninggalkan kerak di pinggir. Hal itu, tentu membuat nasi menjadi kurang nikmat dikonsumsi. Tak sedikit orang menggunakan cara dengan mencampurkan beras ketan dengan beras nasi agar hasilnya menjadi pulen dan tidak kering.

Ada juga yang menambahkan sedikit tepung maizena hingga agar-agar untuk mendapatkan tekstur pulen. Ternyata, selain bahan-bahan tersebut, ada trik lain untuk membuat nasi menjadi pulen dan tidak kering, lho. Trik yang dibagikan oleh pemilik akun Instagram @ummubalqishaura ini hanya menggunakan bahan dapur.

"Nasi jadi kering terlalu lama di ricecooker, ini tips biar nasi ga kering dan pulen," tulisnya dikutip BrilioFood dari Instagram @ummubalqishaura pada Minggu (7/7),

Bahan dapur yang digunakan adalah minyak goreng. Caranya pun sangat mudah. Pertama, siapkan beras yang ingin dimasak. Lalu, cuci beras hingga bersih dan tiriskan airnya.

foto: Instagram/@ummubalqishaura

Kali ini, pemilik video tersebut menggunakan ricecooker saat menanak nasi. Masukkan beras ke dalam panci rice cooker, dan tambahkan air dengan takaran sesuai selera. Lalu, tuang satu sendok makan minyak goreng ke dalam panci rice cooker dan aduk hingga rata. Nyalakan tombol power ricecooker dan tunggu hingga matang.

foto: Instagram/@ummubalqishaura

Dari video tersebut, tampak nasi matang dengan sempurna, hasilnya pulen, tidak kering dan tidak meninggalkan kerak di pinggir.

"Nasi tidak kering, nasi jadi pulen banget," tulisnya.

Lewat kolom komentar, banyak yang warganet yang mengaku berhasil membuat nasi pulen dan tidak kering dengan trik yang sama. Ada juga yang berbagi tips agar nasi yang dimasak jadi tidak kering dan tidak cepat basi, yaitu dengan mengandalkan minyak zaitun.

"Ku pakai minyak zaitun, nasi jg jd lebih awet looh ga cepet basiii," kata akun Instagram @alatsariyyah_.

Menurutnya, dengan takaran yang pas, minyak zaitun tak akan menimbulkan bau asalkan menggunakan takaran yang pas, yaitu cukup dengan 1 hingga 2 sdm minyak zaitun. Ada pun yang berbagi tips menggunakan minyak kelapa yang berfungsi mengurangi kalori dalam nasi.

"Mantep banget ini teh, pake minyak kelapa bagus lgi teh bisa ngurangi kalori di nasi," tulis akun Instagram @home.pinkpastel.