Pertama, cuci terlebih dahulu kacang hijau pakai air mengalir. Setelah dirasa sudah bersih, rendam kacang hijau lalu diamkan selama beberapa jam. Proses ini bertujuan untuk mempercepat proses pengempukan kacang hijau.

“Kita diamkan kacang hijaunya selama 10 jam,” ujarnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Evan & Ridwan pada Jumat (18/8).

foto: YouTube/Eva & Ridwan

Setelah direndam selama sepuluh jam, tiriskan lalu bilas kacang hijau pakai air mengalir. Tampak ukuran kacang hijau sudah lebih membesar, kan? Sisihkan terlebih dahulu.

foto: YouTube/Eva & Ridwan

Di samping itu, tuang air dengan takaran yang banyak ke panci. Taruh panci di atas kompor lalu rebus sampai mendidih. Jika sudah mendidih, masukkan kacang hijau yang telah dibersihkan dan rebus selama lima menit.

foto: YouTube/Eva & Ridwan

Matikan api kompor jika kacang hijau sudah direbus hingga lima menit. Jangan langsung buka tutup pancinya, namun biarkan kacang hijau terendam air rebusan selama 30 menit. Dengan begitu, proses pemasakan pun tetap berlangsung.

“Setelah didiamkan 30 menit, kita cek dan hasilnya kacang hijaunya sudah mateng,” ungkapnya lebih lanjut.

foto: YouTube/Eva & Ridwan

Kacang hijau yang sudah matang dan merekah ini bisa langsung diolah sesuai selera. Seperti apa yang dilakukan oleh pemilik video ini.

Pada video tersebut ia ingin mengolah kacang hijau menjadi bubur. Ia pun menambahkan berbagai bahan seperti gula pasir, gula merah, santan, jahe, dan garam. Ia nyalakan lagi kompor lalu kacang hijau pun direbus sambil diaduk sampai matang.

“Sebentar aja soalnya kacang hijaunya kan sudah matang,” jelasnya.

Jika sudah matang, bubur kacang hijau bisa langsung disajikan. Lebih praktis dan tentunya makin hemat gas, kan?

foto: YouTube/Eva & Ridwan

Video di YouTube Eva & Ridwan ini sudah ditonton sampai 62 ribu kali.