Brilio.net - Jeruk nipis menjadi salah satu buah-buahan yang kerap dijadikan sebagai bahan masakan. Umumnya, air jeruk nipis digunakan sebagai pelezat makanan. Khususnya makanan-makanan yang berkuah seperti soto, bakso, rawon, mi, dan lainnya.

Air jeruk nipis dapat menambah cita rasa seperti asam dan segar dalam makanan. Selain menambah rasa nikmat pada makanan, jeruk nipis juga biasa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis, hingga menghempaskan noda-noda yang berminyak di peralatan memasak.

Kecil-kecil cabai rawit, air jeruk nipis punya banyak manfaat bagi kesehatan juga, lho. Melansir dari kemenkes.go.id, jeruk nipis memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan pencernaan, mengatasi gangguan saluran pernapasan, menurunkan berat, dan lainnya.

Nah, untuk mengambil segudang manfaat tersebut, kamu perlu mengambil sari atau air yang ada di dalam jeruk nipis. Namun, karena bentuknya yang kecil dan keras, air jeruk nipis tersebut cenderung susah diperas. Kalau bisa pun, biasanya air yang dihasilkan hanya sedikit lantaran tak sepenuhnya terperas.

Banyak orang yang akhirnya membeli alat pemeras jeruk agar air yang dihasilkan bisa keluar dengan optimal. Ada lagi yang memanaskan jeruk nipis ke dalam microwave beberapa saat, agar airnya mudah diperas.

Tetapi siapa sangka, kamu juga bisa memeras air jeruk nipis dengan optimal tanpa menggunakan peralatan tersebut, lho. Pemilik akun @cozieadjah17 di TikTok membagikan trik agar sari atau air jeruk nipis bisa keluar banyak.

"Tips memeras jeruk nipis agar banyak airnya tanpa ribet," tulisnya.

Cara memeras jeruk nipis agar hasil airnya melimpah dan segar.

Sebelum memeras airnya, sebaiknya jeruk nipis jangan langsung dipotong. Cobalah untuk menggelindingkan jeruk nipis di tempat yang datar terlebih dahulu, seperti di meja atau talenan. Teknik ini dilakukan agar air jeruk nipis sudah terperas dari dalam, sehingga akan semakin mudah untuk diperas ketika sudah dipotong.

foto: TikTok/@cozieadjah17

Setelah digelindingkan beberapa saat, siapkan pisau dan talenan yang ada di rumah. Pastikan, talenan dan pisau tersebut bersih atau tidak memiliki sisa bahan lain. Nah, untuk memotongnya juga tidak boleh sembarangan. Kebanyakan orang, biasanya akan memotong jeruk nipis menjadi dua bagian. Hal ini, justru akan membuat air perasan jeruk nipis yang dihasilkan menjadi kurang optimal.

foto: TikTok/@cozieadjah17

Cara memotongnya, pegang jeruk nipis dengan ujung tangkai yang menghadap ke atas. Lalu, mulailah potong jeruk nipis di bagian ujung dengan posisi berdiri. Kemudian, potong kembali jeruk nipis di satu sisi lainnya, sehingga akan menyisakan satu bagian tengah.

Setelah jeruk nipis terbelah menjadi tiga, buang biji-biji jeruk nipis menggunakan ujung pisau. Setelah biji-bijinya keluar, kini jeruk nipis siap untuk diperas. Kemudian, siapkan wadah seperti gelas untuk menampung perasan air jeruk nipis.

foto: TikTok/@cozieadjah17

Peras satu-satu potongan jeruk nipis menggunakan tangan. Lanjutkan memeras potongan jeruk nipis lainnya secara merata agar airnya mau keluar semua. Dengan trik ini, air perasan jeruk nipis akan keluar lebih banyak, lho. Jari-jarimu juga tak perlu memeras sekuat tenaga. Kini, air perasan jeruk nipis siap untuk kamu gunakan sesuai kebutuhan. Mudah sekali, bukan?