Brilio.net - Mengolah bihun bisa menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang. Salah satu kesulitan utama adalah menjaga agar bihun tidak mudah putus atau terlalu lembek saat direndam. Bihun yang terlalu lama direndam dalam air bisa malah lunak dan kehilangan teksturnya, sementara bihun yang direndam terlalu singkat justru tetap keras dan tidak matang sempurna. Menemukan waktu perendaman yang tepat adalah kunci untuk mendapatkan bihun dengan tekstur yang sempurna.

Selain itu, memilih bihun dengan kualitas yang baik juga menjadi tantangan. Bihun yang terlalu tipis atau berkualitas rendah lebih mudah patah dan sulit diolah dengan baik. Saat memasak bihun, perlu perhatian ekstra agar bihun tidak saling menempel dan menjadi gumpalan. Penggunaan air dingin untuk membilas bihun setelah direndam dapat membantu mencegahnys saling menempel dan menjaga teksturnya tetap baik.

Nah, supaya hasilnya lebih cantik, kamu bisa meniru trik yang dibagikan pengguna Instagram @ryzal1987 ketika merendam bihun. Melalui salah satu video yang diunggah, warganet tersebut mengaku tidak menggunakan air panas saat merendam bihun. Walaupun begitu, bihun tetap bisa lembut dan tak keras, lho.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @ryzal1987 pada Kamis (19/9), warganet tersebut juga mengaku memakai satu bahan dapur lain, yakni minyak goreng. Nah, minyak goreng ini akan dicampur ke dalam air rendaman bihun. Fungsi dari minyak goreng ini adalah untuk mencegah bihun mudah patah saat dimasak.

foto: Instagram/@ryzal1987

Lebih jelasnya, letakkan bihun di wadah. Lalu tuang air hangat. Aduk-aduk sampai bihun terendam sempurna. Barulah kemudian tuang minyak goreng secukupnya, aduk-aduk lagi sampai tercampur rata dan diamkan kurang lebih 20 menit. Durasi ini bisa disesuaikan dengan banyaknya bihun yang hendak dimasak, ya.

foto: Instagram/@ryzal1987

Jika sudah direndam 20 menit, angkat dan tiriskan bihun. Dalam video tersebut, pengguna Instagram @ryzal1987 menunjukkan hasil bihun yang sudah direndam. Saat diangkat menggunakan garpu, bihun tersebut benar-benar tampak cantik dan tak putus.

foto: Instagram/@ryzal1987

Telah ditonton lebih dari 347 ribu kali, video tentang trik merendam bihun ini sontak menuai perhatian warganet. Menilik kolom komentar, sebagian besar warganet ini mengungkapkan terima kasih karena mendapat ilmu baru yang bermanfaat untuk ditiru. Di sisi lain, ada juga yang mengaku sudah berhasil mencoba trik tersebut.

"Untuk spaghetti juga biar gak lengket," ujar Instagram @ummilinelzahra.

"Tkasih..mmg betul jadi Saya dah coba," papar Instagram @ameylia_123.

"Terima kasih sudah berbagi ilmu," tulis akun Instagram @salmahudin49.