Pertama, siapkan mangkuk besar berisi air bersih secukupnya. Kemudian, masukkan dua bahan dapur yang jadi bahan inti untuk membersihkan tungku kompor, yaitu sabun cuci piring dan cuka. Gunakan takaran 3 sdm untuk masing-masing bahan tersebut. Lalu, aduk dan masukkan tungku kompor ke dalamnya hingga terendam sempurna.

"Rendam tatakan kompor selama kurang lebih 3 atau 4 jam," tulis pemilik akun YouTube SAHABAT GAS dalam unggahannya, dikutip BrilioFood pada Jumat (12/1).

foto: YouTube/SAHABAT GAS

Pemilik akun YouTube SAHABAT GAS menjelaskan, kalau noda di tungku kompor masih sedikit atau tak terlalu tebal, proses merendamnya bisa dikurangi selama 2 jam saja. Berbeda jika noda keraknya sangat tebal, sebaiknya waktu perendaman lebih lama. Usai direndam, gosok tungku kompor menggunakan spons atau kain hingga semua noda luntur.

foto: YouTube/SAHABAT GAS

Saat semua noda sudah luruh, langsung bilas, keringkan, dan pasang kembali tungku ke atas kompor. Gimana, tungku kompor yang semula penuh noda kerak bisa jadi kinclong lagi, kan?

foto: YouTube/SAHABAT GAS

Kalau kamu, tertarik mencoba cara ini atau punya cara lain yang lebih ampuh untuk membersihkan tungku kompor? Mengintip unggahan YouTube SAHABAT GAS yang sudah ditonton 12 ribu kali, beberapa warganet tampak antusias mencoba cara ini, lho.