"Ini adalah kondisi tanamanku yang terserang hama. Sampai mau nggak mau daunnya harus aku pangkas," ujarnya dikutip BrilioFood dari TikTok @linda.wahyunni pada Selasa (21/11).

foto: TikTok/@linda.wahyunni

Sejumlah orang biasanya mengusir hama di pohon jeruk pakai air cucian beras. Namun, warganet satu ini mengaku punya racikan sendiri untuk membuat pestisida nabati untuk mengatasi pohon jeruknya yang terserang hama. Dalam video, tampak warganet ini cuma mengandalkan dua bahan dapur, yakni bawang putih dan sabun cuci piring.

"Di sini aku pakai 3 siung bawang putih yang kemudian aku tumbuk," ungkapnya lebih lanjut.

foto: TikTok/@linda.wahyunni

Jika sudah halus, campurkan bawang putih ke dalam air. Aduk-aduk lalu diamkan larutan bawang putih selama 24 jam.

foto: TikTok/@linda.wahyunni

Dilansir dari dengarden.com, senyawa belerang aktif di bawang putih dapat diandalkan untuk menghalangi hama dan jamur yang tumbuh di berbagai jenis tanaman. Oleh karena itu, bawang putih cocok untuk dijadikan bahan utama pembuatan pestisida nabati untuk pohon daun jeruk.

Setelah didiamkan selama 24 jam, tambahkan sedikit saja sabun cuci piring ke dalam larutan bawang putih. Fungsi sabun cuci piring ini adalah sebagai bahan perekat zat yang terkandung dalam bawang putih. Dengan begitu, hasil pestisida nabati pun akan bekerja lebih optimal nantinya.

foto: TikTok/@linda.wahyunni

Pindahkan larutan bawang putih ke dalam botol spray. Jika sudah, tinggal semprotkan pestisida nabati yang sudah dibuat ke seluruh bagian pohon daun jeruk. Agar hasilnya maksimal, larutan bawang putih bisa disemprotkan secara rutin setiap 3 hari sekali. Namun, untuk pencegahan, bisa disemprotkan sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

"Hasilnya lama-kelamaan hama ulat pun pergi dan menghilang, dan tunas-tunas daun baru pun bermunculan. Hasilnya subur banget ada bunga-bunga dan bakal buah yang semakin banyak, " tutur pemilik akun.

foto: TikTok/@linda.wahyunni