Buat kamu yang penasaran, triknya sempat dibagikan oleh warganet di akun YouTube GRIYA NANDA PUTRA, nih. Warganet satu ini aktif membagikan konten seputar menanam aneka sayur serta buah, salah satunya soal daun jeruk purut ini. Seringkali, trik merawat tanaman jeruk purut dapat dilakukan dengan menyiramkan air beras. Tetapi, warganet akrab disapa Nanda ini mengaku punya bahan lain yang tak kalah ampuh.

Bahan yang dimaksud adalah ampas dapur telur, yakni bagian cangkangnya. Nanda menjelaskan, cangkang telur ini tak perlu dicuci, melainkan cukup dibiarkan saja sampai kering sebelum dipakai untuk menyuburkan tanaman jeruk purut. Setelah kering, tumbuk cangkang telur, kemudian taburkan ke atas media tanam jeruk purut.

"Ditumbuk kasar atau ditumbuk halus juga boleh," imbuhnya, dikutip BrilioFood dari YouTube GRIYA NANDA PUTRA pada Senin (30/10).

foto: YouTube/GRIYA NANDA PUTRA

Di sisi lain, kalau kamu sedang tak ada cangkang telur, masih ada satu jenis ampas dapur lagi yang bisa jadi alternatif, yaitu kulit pisang. Tetapi, cara penggunaannya berbeda dengan cangkang telur karena kulit pisang ini harus difermentasi terlebih dahulu. Semula, potong-potong kulit pisang jadi kecil-kecil, lalu masukkan ke dalam toples.

Setelah potongan kulit pisang siap, rendam dengan air bersih secukupnya hingga seluruh kulit pisang terendam sempurna. Namun, sebaiknya jangan isi kulit pisang dan air di dalam toples sampai benar-benar penuh. Sisakan sedikit ruang untuk gas yang dihasilkan oleh kulit pisang nantinya. Selain itu, pastikan tutup toples juga memiliki lubang kecil.

"Lubang kecilnya bisa membuang gas yang dihasilkan kulit pisang secara pelan-pelan, jadi toplesnya ndak meledak," kata Nanda.

foto: YouTube/GRIYA NANDA PUTRA

Kulit pisang tersebut dapat didiamkan di dalam toples minimal semalaman, baru tuangkan secukupnya ke atas media tanam jeruk purut. Nah, pemberian pupuk dari cangkang telur maupun jeruk purut ini dapat dilakukan setiap 1 atau 2 minggu sekali untuk mendukung pertumbuhan daun jeruk yang subur dan rimbun.

"Disesuaikan dengan kebutuhan, gunakan pupuk dari limbah dapur ini untuk merangsang pertumbuhan tanaman, teman-teman," jelas pemilik akun YouTube GRIYA NANDA PUTRA.

foto: YouTube/GRIYA NANDA PUTRA

Wah, sederhana banget kan trik merawat tanaman jeruk purut ini? Mengintip kolom komentar di video YouTube GRIYA NANDA PUTRA yang sudah ditonton lebih dari 700 kali, tak sedikit warganet yang tampak antusias ingin mencoba menambahkan ampas dapur juga ke tanaman jeruk purut, lho.

"Sama Bun...aku juga memakai seperti itu biar tanaman bertambah subur, tetep semangat beraktivitas," kata YouTube @Kehidupan12.

"Daunnya hijau sekali Bun, punya saya daunnya kuning, makasih ilmunya ," ungkap YouTube @RatuRaya.