Dilansir BrilioFood dari YouTube chanel oenix pada Selasa (26/12), bahan dapur yang digunakan adalah sabun cuci piring. Nah, sabun cuci piring ini lantas dicampur dengan bahan lain, yakni sitrun dan detergen. Perpaduan bahan-bahan tersebut dinilai dapat menghasilkan cairan pembersih yang lebih ampuh dibanding cairan pembersih porselen.

Untuk cara pakainya, siapkan mangkuk atau wadah. Lalu tuang 2 sachet sitrun ke dalamnya. Jika sudah, tuang air secukupnya. Lalu aduk-aduk sampai rata menggunakan kuas sampai sitrunnya larut dalam air.

foto: YouTube/chanel oenix

Selanjutnya, oleskan cairan sitrun ini di kamar mandi. Mulai dari lantai keramik, pintu, hingga WC juga. Setelah itu, diamkan selama 15 menit saja agar sitrunnya benar-benar meresap ke dalam kerak dan lumut.

Sembari didiamkan, racik cairan kedua. Dalam wadah, masukkan detergen bubuk dan sabun cuci piring secukupnya. Lalu larutkan dengan air. Nah, cairan kedua ini akan membantu melunturkan kerak dan lumut dengan lebih mudah.

foto: YouTube/chanel oenix

Setelah cairannya sudah jadi, langsung oleskan ke lantai kamar mandi dan gosok menggunakan sabut kawat. Benar saja, dalam sekali gosok, kerak dan lumut langsung hilang, lho. Lakukan proses ini secara merata ke seluruh bagian kamar mandi, khususnya area yang tertutup kerak dan lumut tebal.

foto: YouTube/chanel oenix

Jika sebagian besar area kamar mandi sudah disikat, langsung siram dengan air bersih. Lalu jika masih ada kerak dan lumut yang tersisa, oleskan lagi dengan cairan tersebut dan gosok terus. Setelah dibilas lagi, kamar mandi jadi semakin tampak bersih kesat dan kinclong, lho.

foto: YouTube/chanel oenix

Telah ditonton lebih dari 382 ribu kali, video ini sontak menuai perhatian warganet YouTube. Banyak pengguna YouTube lain yang takjub dengan hasil yang sangat memuaskan. Bahkan tidak sedikit yang kemudian mengaku ingin mencoba langsung metode dan bahan-bahan seperti dalam video tersebut.

"Ini dia..ideal banget buat sample, before afternya joss banget. makasih banyak mas bro.. mo saya coba ke kamar mandi saya," ungkap YouTube @ultiumlabs4899.

"Wahhh luar biasa bersihnya," papar YouTube @ahmadfatih6769.

"Alhamdulillah kamar mandi saya udah bersih banget terimakasih banyak iya bang," kata YouTube @muhammadwahyu3286.

"Makasih mas resep nya pembersih semoga mas sehat selalu tida rumit amin," sahut YouTube @titinsutinah4617.

"Keren gak pakai mengeluarkan banyak tenaga," tutur YouTube @zubaidahida5140.