Brilio.net - Resleting menjadi komponen penting tas agar barang-barang di dalamnya terlindungi dan tidak tumpah atau tercecer ke mana-mana. Seiring lamanya pemakaian, resleting tas bisa saja macet. Umumnya, resleting macet karena kurangnya pelumasan di gigi-gigi resleting alias kering, lantaran lama nggak dipakai dan lain sebagainya. Kalau dibiarkan lama-lama, resleting pun bisa rusak. Endingnya, tas harus direparasi ke 'dokter tas'.

Tapi, sebelum ke reparasi tas, kamu sebenarnya bisa mencoba dulu memperbaiki resleting macet atau rusak. Umumnya orang menggunakan lilin untuk mengatasi resleting macet atau rusak biar berfungsi kembali seperti semula. Hal ini mengingat lilin bisa melicinkan kembali gigi-gigi resleting. Nah, kalau nggak punya lilin, gimana dong?

Tenang aja, kamu bisa mempraktikkan cara dari pemilik akun YouTube jawir channel. Bapak-bapak ini membagikan tutorial mengatasi resleting macet, bahkan ia mengklaim rusak, dengan memanfaatkan hanya satu bahan masakan. Bahannya ada di dapur setiap rumah.