Brilio.net - Proses memasak sampai menikmati hidangan di dapur nggak bisa dilakukan hanya pakai 1 alat saja. Pasalnya, mulai dari wajan, spatula, pisau, talenan, sampai alat makan semua dibutuhkan di dapur. Nggak heran, setelah masak dan makan, cucian di wastafel jadi numpuk.

Banyaknya cucian di wastafel yang numpuk ini bikin banyak orang pusing melihatnya. Apalagi jika tubuh sudah terasa lelah usai aktif bergerak saat masak di dapur, pasti jadi malas untuk mengeksekusi cucian di wastafel. Alhasil, tak jarang tumpukan cucian tersebut dibiarkan di wastafel begitu saja sampai keesokan harinya.

Namun, berbeda dengan pengguna akun TikTok @bundazizaa, ia punya trik yang bisa kamu tiru agar tumpukan cucian di wastafel bisa cepat tuntas.

"Sedikit tips dari aku supaya gak pusing liat cucian numpuk saat masak," tulisnya di keterangan video TikTok @bundazizaa, dikutip BrilioFood pada Rabu (31/7).

foto: TikTok/@bundazizaa

Jadi, alih-alih membiarkan peralatan di wastafel, pemilik akun TikTok @bundazizaa memilih langsung mencucinya di sela-sela waktu memasak. Seperti saat memasak telur dadar ini, spatula, mangkuk, dan garpu yang sudah tak lagi digunakan langsung dicuci setelah telur dadar selesai dibuat.

foto: TikTok/@bundazizaa

Setelah memasak telur dadar, selanjutnya warganet akrab disapa Bunda Zizaa memasak nasi goreng, dimulai dari menumis bumbu iris. Selagi menunggu bumbunya matang dan wangi, ia langsung buru-buru mencuci pisau dan talenannya. Lalu, ia lanjutkan lagi proses memasak nasi goreng ke langkah selanjutnya.

foto: TikTok/@bundazizaa

Usai nasi gorengnya jadi dan disajikan di piring, ia juga langsung mencuci wajannya. Menurutnya, nasi goreng tersebut masih panas dan tak bisa langsung dimakan, sehingga waktu untuk menunggu nasi gorengnya agak dingin bisa digunakan untuk mencuci sisa alat masak yang masih kotor.

foto: TikTok/@bundazizaa

Setelah semua peralatan masak bersih, Bunda Zizaa bisa makan dengan santai tanpa pusing memikirkan banyaknya cucian di wastafel yang numpuk. Mengintip kolom komentar di video-nya, tak sedikit warganet juga menerapkan trik seperti Bunda Zizaa ini, lho.

"aku jg gitu. jadi kelar masak, gak ada lg acara cuci cuci perabotan. beres dahh. tinggal ngerjain yg lain atw langaung makan aja," sebut TikTok @.

"Saya juga gini klo masak, soalnya klo cuci perabotan setelah makan tuh malah kaya berasa abis hajatan, banyak banget," tutur TikTok @KarLin dut.

"Samaaaa, aku tiap masak ga ada kata nunguin bengong, pasti cuci”, elap”, nyapu. Kelar masak udah kinclong semua," tulis TikTok @SHAFEA THE LABEL.

Namun, memang ada pula yang menganggap trik ala pengguna akun TikTok @bundazizaa ini kurang cocok. Sehingga, alih-alih mencucinya di sela-sela berkegiatan di dapur, proses mencuci bisa dilakukan setelah semua kegiatan di dapur selesai. Berikut beberapa penjelasan lain dari warganet.

"tapi lebih enak habis masak bersihin smua trus cupir..beres.
kalo dikit2 cuci malah capeknya dobel," cetus TikTok @ .

"tapi aku tim yang harus udah masak dan pada makan baru cuci piring jd sekalian kalo cuci piring nya," jelas TikTok @Capricorn .

"aku klo lg rajin ya gitu .nyambi masak nyambi cupir .tp kalo lg malas .ampe jd gunung tu piring kotor ," imbuh TikTok @mahrsmelou.