Brilio.net - Menanak nasi bisa dibilang sebagai skill wajib yang harus dimiliki seseorang. Apalagi di Indonesia yang menjadikan nasi sebagai makanan pokok sehari-hari. Nasi biasanya dimakan bersama aneka lauk dan sayur, sehingga nutrisi yang tubuh semakin beragam dan perut kenyang lebih lama.

Banyak orang sudah ahli menanak nasi sejak masih berusia belia. Pasalnya, beras dapat ditanak secara otomatis dengan menggunakan rice cooker atau magic com. Jadi, kamu cukup mengetahui takaran beras dan air yang pas saja sebelum menyalakan alatnya.

Nah, pengguna akun TikTok @ihsannazhar punya pengalaman menarik seputar menanak nasi pertama kali. Dia mengaku, selama tinggal di rumah bersama keluarganya, belum pernah mencoba masak nasi sama sekali.

Momen anak kos pertama kali masak nasi
TikTok/@ihsannazhar

Tiba saatnya merantau, dia pun harus ngekos alias tinggal sendiri. Kondisi seperti ini membuatnya mau tidak mau harus siap mengurus dirinya sendiri, termasuk perihal menyiapkan makanan sehari-hari.

Lantaran tak memiliki pengalaman memasak atau masak nasi sebelumnya, tentu ini menjadi sedikit membingungkan. Alhasil pengalaman menanak nasinya pertama kali justru berakhir gagal.

"Di rumah nggak pernah masak nasi, sekali masak nasi di kos ada aja gebrakannya ya Allah," tuturnya, dikutip BrilioFood dari TikTok @ihsannazhar pada Selasa (6/8).

Momen anak kos pertama kali masak nasi
TikTok/@ihsannazhar

Alih-alih jadi butiran nasi yang pulen, masakan perempuan yang akrab disapa Ihsan ini justru kelewat pulen, bahkan sudah menyerupai bubur. Usut punya usut, dia tak tahu takaran air yang tepat untuk menanak nasi, sehingga berlebihan menambahkan air sebelum masak.

Momen anak kos pertama kali masak nasi
TikTok/@ihsannazhar

Tak sampai situ saja, pemberian air yang berlebihan saat menanak nasi ini juga menyebabkan nasinya bau. Alhasil, nasi yang sudah berwujud beras tersebut jadi kurang nikmat saat dimakan.

"bauu nasinyaaa haha udh beraer kak, jadi kerasa kale baunya," kata Ihsan.

Mengintip kolom komentar video TikTok @ihsannazhar yang sudah ditonton 5 juta kali ini, tak sedikit warganet meninggalkan komentar kocak seputar momen gagal masak ini, lho.

"airnya se ibu jari,bukan ibu kota," timpal TikTok @Ewa.

"kak? MPASI?" tulis TikTok @yyyaprliani.

"kak itu airnya SE garis tangan ya bukan segaris kalutistiwa," sebut TikTok @Ranii.

"ga heran, ternyata yg masak cowo," ungkap TikTok @.

Di sisi lain, ada pula warganet lain yang menjelaskan teknik menanak nasi yang tepat biar hasilnya nggak kelembekan seperti bubur.

"kak caranya itu, 1:1 ruas jari. kamu cuci dulu berasnya, habis itu kamu ukur pake ruas jari dari dasar/bawah tmptnya sampai atas permukaan beras. habis itu kalau sdh, untuk airnya tingginya sm sama dgn ruas jari kamu cmn bedanya diukurnya dari atas permukaan berasnya sampai batas ukur ruas jari kamu sblmnya," jelas TikTok @chillaxvibes°.