Pertama, siapkan baking soda, garam, cuka, dan sabun cuci piring. Tak lupa ambil beberapa tisu, bisa pakai tisu dapur. Nah, tisu ini adalah alat utama untuk membersihkan noda gosok di pantat wajan.

Nah, posisikan terbalik terlebih dahulu wajan di atas meja. Kemudian taburi pantat wajan dengan garam dan baking soda secukupnya. Lalu, tuang sabun cuci piring secukupnya mengelilingi pantat wajan. Jika sudah, tutup pantat wajan dengan beberapa lembar tisu. Pemilik akun TikTok @mumukdaneno menggunakan tisu dapur, sehingga tak mudah sobek.

foto: TikTok/@mumukdaneno

Setelah itu, tuang cuka hingga rata ke seluruh tisu yang menutupi pantat wajan. Tekan-tekan menggunakan tangan agar cuka bisa merata. Pemilik akun TikTok @mumukdaneno pun menjelaskan, sebaiknya gunakan sarung tangan supaya kulit tidak mudah iritasi saat bersentuhan langsung dengan cuka yang memiliki kadar asam cukup tinggi.

"Kita ratain dan ditunggu selama 30 menit," imbuhnya, dikutip BrilioFood dari TikTok @mumukdaneno pada Rabu (27/12).

foto: TikTok/@mumukdaneno

Usai didiamkan, angkat tisunya dari pantat wajan. Setelah itu, gosok pantat wajan dengan sabut atau spons kasar dengan tambahan sabun seperti proses mencuci alat dapur biasanya. Lantaran sudah dikompres menggunakan tisu dan campuran empat bahan dari baking soda, garam, cuka, dan sabun cuci piring, noda gosongnya jadi mudah luntur, lho.

Terakhir, saat noda gosongnya sudah benar-benar hilang, langsung bilas wajan hingga bersih, keringkan, dan siap digunakan kembali.

foto: TikTok/@mumukdaneno

Gimana, simpel banget kan cara membersihkan pantat wajan satu ini? Mengintip kolom komentar di video milik TikTok @mumukdaneno yang sudah ditonton 272 ribu kali, tak sedikit warganet yang berhasil meniru cara ini, lho. Ada pula yang membagikan cara lain buat membersihkan pantat wajan.

 

"tinggal di panasin terus di gosok pake spon kawat jangan lupa kasih sabun colek yang banyak," imbuh TikTok @alfis alfarisi@.

"Saya bersihin pakai odol/Pasta gigi bubuk lgsung kinclong," tutur TikTok @Amira Farasya.

"setujuuuuuuuuuuu aku cobain Alhamdulillah berhasil, mana lebih item bgt pantat wajannya," ungkap TikTok @Mumu3.