Brilio.net - Kecoak termasuk serangga yang sangat menjengkelkan. Bagaimana tidak, serangga satu ini bisa menyebarkan penyakit lewat bakteri dan patogen yang dibawa. Jika sudah mencemari makanan atau permukaan benda dengan kuman yang dibawa, tentu lingkungan jadi kotor dan nggak higienis.

Nggak hanya itu, kecoak juga mengeluarkan bau tak sedap dan dapat merusak properti. Oleh sebab itu, kecoak harus segera dibasmi. Biasanya sejumlah orang akan menggunakan cairan pembasmi serangga untuk mengusir dan membunuh kecoak.

Namun perlu diperhatikan bahwa cairan tersebut biasanya hanya ampuh pada ruangan terbuka. Jika kecoak masuk ke area sempit, seperti mobil, tentu akan semakin sulit dikendalikan. Dalam beberapa kasus, semprotan pembasmi serangga tidak benar-benar ampuh mengusir serangga satu ini.

Walaupun begitu, kecoak di mobil tetap bisa dibasmi dengan cara yang lebih sederhana. Seorang pengguna YouTube joko sant pernah membagikan trik sederhana dalam mengusir kecoak di mobil. Bukan dengan cairan kimia, dia justru mengandalkan bahan-bahan yang ada di dapur.

Perhatikan takaran airnya biar kecoak nggak gampang kabur. 

Dilansir BrilioFood dari YouTube joko sant, Minggu (7/7), ada dua bahan dapur yang dia gunakan untuk mengusir kecoak, yakni kopi dan gula. Atau jika ingin lebih praktis, kamu bisa menyiapkan kopi kemasan yang sudah mengandung gula. Jadi kopi gula ini akan dijadikan sebagai umpan, sedangkan perangkapnya cukup berupa air dan gelas bekas.

Cara pakainya, cukup siapkan gelas bekas terlebih dahulu. Dalam video tersebut, pengguna YouTube joko sant menggunakan gelas plastik bekas air mineral. Setelah itu, masukkan kopi dan gula secukupnya. Lalu seduh dengan sedikit air. Hindari menggunakan air terlalu banyak karena nanti kecoak yang masuk ke dalam gelas bisa dengan mudah keluar lagi.

foto: YouTube/joko sant

Selanjutnya, letakkan gelas berisi kopi ini di bagian pintu mobil. Setelah itu, tutup mobil dan biarkan sampai semalaman. Dengan begitu, kecoak dalam mobil akan tergiur oleh bau manis dari air kopi tadi dan terperangkap di dalamnya.

foto: YouTube/joko sant

Dalam video tersebut, pengguna YouTube joko sant menunjukkan bagian dalam gelas setelah didiamkan semalaman. Benar saja, ada banyak kecoak yang masuk ke dalam perangkap tersebut. Kecoak ini juga tidak bisa langsung bercampur dengan kopi, sehingga tidak bisa bergerak dan kabur lagi.

foto: YouTube/joko sant

Pada dasarnya, cara ini memang sangat ampuh membasmi kecoak dalam mobil. Namun jika dirasa masih ada, kamu bisa mengulangi proses tersebut sampai kecoak benar-benar hilang. Dalam video tersebut, pengguna YouTube joko sant menyarankan untuk menggunakan kopi bekas atau sisa kopi yang tidak terminum agar tidak terlalu banyak kopi dan gula yang terbuang.

Unggahan tentang trik usir kecoak di mobil ini sontak menuai perhatian warganet. Hal ini terbukti dari jumlah penonton yang mencapai lebih dari 12 ribu kali. Nggak heran jika banyak orang tertarik untuk mencoba trik tersebut secara langsung.