Pantat wajan yang gosong saat dipakai adalah masalah umum yang sering dihadapi oleh banyak orang di dapur. Gosongnya pantat wajan tidak hanya membuat wajan terlihat kotor dan kurang terawat, tetapi juga dapat memengaruhi distribusi panas saat memasak, sehingga menyebabkan makanan menjadi matang tidak merata. Selain itu, lapisan gosong yang tebal membuatnya sulit dibersihkan. Butuh usaha ekstra dan penggunaan bahan pembersih khusus.

Sayangnya, bahan pembersih yang bisa mengangkat noda gosong justru bisa merusak lapisan wajan. Oleh sebab itu, tidak semua bahan pembersih bisa benar-benar aman digunakan. Alhasil, banyak orang kemudian tetap menggunakan sabun cuci piring untuk menghilangkan noda gosong di pantat wajan. Padahal butuh tenaga ekstra untuk menggosok noda gosong jika hanya menggunakan sabun cuci piring dan sikat.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan bahan pembersih seperti yang dipakai pemilik akun Instagram @homewithlese. Melalui salah satu video yang diunggah, dia membagikan cara membersihkan pantat wajan gosong menggunakan satu ampas dapur. Dilansir BrilioFood pada Jumat (13/9), ampas dapur yang dimaksud adalah cangkang telur.

Nah, cangkang telur ini dipakai bersama dengan bahan lain, seperti baking soda dan detergen bubuk. Namun sebelum siap digunakan, ampas cangkang telur perlu diolah dan dibersihkan terlebih dahulu. Selain untuk menghilangkan sisa telur yang menempel, proses pengolahan ini juga bertujuan untuk membuat cangkang telur jadi lebih higienis dan mudah diaplikasikan.

 

© Instagram/@homewithlese

Jadi pertama-tama, rebus cangkang telur dalam air mendidih. Jika sudah bersih dan sisa telur yang menempel sudah luntur, matikan api kompor dan tiriskan. Lanjut bilas cangkang telur ini di bawah air mengalir sampai benar-benar bersih.

© Instagram/@homewithlese

Selanjutnya, tata cangkang telur di atas nampan oven. Lalu oven cangkang telur selama beberapa menit sampai benar-benar kering. Jika sudah, langsung masukkan ke dalam blender sambil diremas-remas agar hancur. Sebelum diblender, masukkan 2 sdm baking soda dan 1 sdm detergen bubuk. Barulah kemudian blender semua bahan ini sampai halus dan tercampur rata.

© Instagram/@homewithlese

Nah, bubuk pembersih dari cangkang telur bubuk ini sudah siap digunakan. Kamu bisa langsung menaburkan bubuk tersebut ke pantat panci yang gosong. Basahi dengan sedikit air, lalu gosok-gosok pantat wajan menggunakan spons.

© Instagram/@homewithlese

Sesaat setelah digosok, pantat wajan yang semula gosong jadi langsung kinclong, lho. Nah, kamu bisa mengelap pantat wajan ini dengan kain basah untuk menghilangkan sisa sabun dan noda. Atau bisa juga dibilas dengan air mengalir, lalu lap dengan kain kering.

© Instagram/@homewithlese

Selain untuk membersihkan pantat wajan, bahan pembersih tersebut juga bisa dipakai untuk membersihkan permukaan kompor tanam, lho. Cara pakainya pun sama, kamu tinggal menaburkan bubuk tadi dan gosok dengan spons yang sudah dibasahi air. Lalu lap dengan kain basah, kemudian keringkan. Noda kusam di kompor tanam akan langsung hilang.

Unggahan tentang cara bersihkan pantat wajan ini telah ditonton lebih dari 14 juta kali sejak diunggah pada Rabu (11/9) kemarin. Nggak heran jika kemudian banyak orang tertarik dan bahkan mengaku takjub dengan tutorial tersebut. Banyak yang tidak menyangka bahwa cangkang telur bisa dipakai untuk membersihkan noda membandel di perabot dapur.

"I heard it works! Im yet to try it out (aku dengar itu berhasil! Aku belum mencobanya)," sahut Instagram tcvm_home.

"Whaaaaaat. Now this is cool (Wow. Keren sekali)," kata Instagram @angelahomelife.

"Awesome cleaning hack (Tips bersih-bersih yang luar biasa)," tulis akun Instagram @mrs_dc_home.