Brilio.net - Daging kambing sering disajikan di momen spesial, seperti Idul Adha, Idul Fitri, akikah, pernikahan, dan lain sebagainya. Siapapun yang punya hobi memasak bisa bereksperimen mengolah daging satu ini, baik jadi gulai, sate, steak, soto, tongseng, dan masih banyak lagi.

Namun saat mengolah daging kambing harus diperhatikan durasi memasaknya. Pasalnya, daging hewani satu ini punya serat-serat cukup alot, sehingga butuh waktu cenderung lama untuk memasaknya sampai empuk. Bahkan, tak jarang orang-orang harus memasak daging kambing sampai 2 atau 3 jam agar bisa empuk, lho.

Teknik mengempukkan daging kambing paling umum yaitu direbus, baik pakai air saja atau ditambahkan dengan bahan lain. Ada sejumlah bahan yang dipercaya bisa bantu percepat daging kambing empuk selagi direbus, misalnya dengan tambahan daun jambu, daun salam, nanas, dan lainnya.

Namun, kalau kamu ogah buang-buang waktu lama untuk merebusnya, daging kambing bisa diempukkan dengan cara lain, lho. Salah satu caranya sempat dibagikan oleh warganet di akun YouTube Spice ‘N’ Cream. Pria ini menjelaskan, cara ini bisa kamu praktikkan hanya dalam 15 menit mengandalkan satu bahan dapur.

Sebelum memulai caranya, siapkan dulu 1 buah mangkuk. Kemudian, masukkan 1,5 sdt baking soda ke dalam mangkuk tersebut. Yup, bahan dapur satu inilah yang jadi jalan ninja untuk mengempukkan daging kambing. Lalu, larutkan baking soda tersebut dengan air secukupnya.

foto: YouTube/Spice ‘N’ Cream

Usai baking soda larut, langsung rendam semua potongan daging kambing ke dalamnya. Kemudian tutup wadahnya dan diamkan selama 15 sampai 20 menit. Pemilik akun YouTube Spice ‘N’ Cream menjelaskan, kamu juga bisa mempraktikkan cara ini pada daging domba atau sapi.

foto: YouTube/Spice ‘N’ Cream

Setelah direndam minimal 15 menit, bilas daging sebelum dimasak jadi hidangan apapun sesuai selera. Proses mencucian ini untuk menghilangkan rasa baking soda yang tertinggal pada daging. Dengan begitu, rasa daging tidak terkontaminasi dengan baking soda.

"Wash 2-3 times with fresh water before cooking (Cuci 2 sampai 3 kali dengan air bersih sebelum dimasak)," tegas pemilik akun YouTube Spice ‘N’ Cream, dikutip BrilioFood pada Minggu (16/6).