Brilio.net - Cicak termasuk salah satu reptil yang berpotensi menyebarkan bakteri. Bukan tanpa sebab, cicak sering merayap di dinding, lantai, meja, dan lainnya. Jejak yang ditinggalkan dapat mengandung bakteri berbahaya. Ketika jejak cicak tidak dibersihkan dengan baik, bakteri dapat berpindah ke makanan atau tangan manusia, sehingga dapat menyebabkan penyakit. Oleh karena itu, kamu harus mengusir cicak dengan segera.

Biasanya sejumlah orang akan membuat perangkap atau jebakan sebagai langkah untuk mengusir cicak. Namun alih-alih harus membuat jebakan dan membuang bangkai cicak yang terjebak, ada trik lain yang lebih praktis dan ampuh untuk mengusir cicak.

Lebih jelasnya, trik mengusir cicak ini pernah dibagikan oleh pengguna Instagram @rumah_shahia. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya mengandalkan satu bumbu dapur untuk mengusir cicak secara alami. Dilansir BrilioFood dari akun Instagram @rumah_shahia pada Rabu (12/6), bumbu dapur yang dimaksud adalah lada bubuk.

Trik usir cicak yang ampuh dan alami.

Cara pakainya pun cukup mudah. Pertama-tama, siapkan botol spray terlebih dahulu. Lalu tuang 1 gelas air. Baru masukkan 1-2 bungkus lada bubuk ke botol spray, takarannya bisa disesuaikan dengan air yang digunakan.

foto: Instagram/@rumah_shahia

Selanjutnya, tutup botol dan kocok-kocok sampai ladanya tercampur rata dengan air. Dengan begitu, cairan ini pun siap digunakan. Semprotkan ke dinding atau area yang sering didatangi cicak. Atau kamu juga bisa menuangkan cairan tersebut ke atas meja atau permukaan datar agar cicak tidak datang lagi.

"Cicak akan iritasi jika terkena larutan ini, dan akan kapok kembali lagi," terang Instagram @rumah_shahia.

foto: Instagram/@rumah_shahia

Lebih lanjut, pengguna Instagram @rumah_shahia mengaku bahwa cairan ini bisa awet hingga beberapa hari. Namun untuk hasil maksimal, sebaiknya semprotkan air lada secara berkala. Hal ini pernah dijelaskan lebih lanjut melalui kolom komentar ketika ada seorang warganet yang bertanya.

"Kalau larutannya udh kering gmn ka? Msh ngaruhkah?" tanya akun Instagram @fajriyanifanny.

"sy semprotnya tiap mlm kak.. Masih ampuh 1-2 hari. Mgkin bisa di ulang lg slnjutnya," terang Instagram @rumah_shahia.

foto: Instagram/@rumah_shahia

Ditonton lebih dari 87 ribu kali, video tentang trik usir cicak ini sontak mendapat banjir komentar dari warganet. Banyak pengguna Instagram lain yang mengaku kerap mengalami masalah yang sama di rumah. Oleh sebab itu, trik mengusir cicak ini sangat bermanfaat dan mudah ditiru.

"Waah perlu d coba nih,kesel bgt aku pagi d pel siang dikit udah ada kotoran cicak lagi," tulis akun Instagram @dwitasyaraka.

"Wah wajib coba sih ini suka zebeel kalo ada cikcak," papar Instagram @aeni_airen.

"Asliii baru tauuuu," sahut Instagram @bumi.kahiji.

"Baru tau tips ini, mau coba juga di rumah bnyk cicak," komentar akun Instagram @ipaismail.

"Gampang nih bahannya bisa dicobaaa," kata Instagram @indahjamilah.