Brilio.net - Noda kerak menjadi salah satu masalah umum yang kerap terjadi di kamar mandi. Endapan air yang mengandung mineral seperti kapur dan kalsium seringkali menjadi penyebab utama munculnya kerak di kamar mandi, khususnya di bagian lantai. Selain dari endapan air, kerak juga bisa berasal dari sisa sabun atau kotoran yang terbawa ketika mandi.

Pencegahan kerak adalah kunci penting untuk menjaga kamar mandi tetap bersih dan bebas dari endapan mineral yang tidak diinginkan. Salah satu cara paling efektif untuk mencegah kerak adalah dengan mengeringkan permukaan kamar mandi setelah digunakan. Kamu dapat menggunakan exhaust fan atau alat penyedot udara untuk menjaga kamar mandi tetap kering setelah digunakan.

Namun jika lantai kamar mandi telanjur berkerak, kamu juga harus tetap membasmi kerak. Biasanya sejumlah orang akan menggunakan racikan bahan khusus untuk membasmi kerak di lantai kamar mandi. Racikan bahan khusus ini bisa berasal dari campuran cairan pembersih porselen dan pemutih.

Tapi alih-alih membuat racikan bahan khusus, kamu bisa menggunakan bahan lain yang lebih praktis seperti yang dipakai pengguna Instagram @izarazim. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku menggunakan dua bahan sederhana untuk membasmi kerak di lantai kamar mandi. Nah, salah satu bahannya berasal dari dapur, lho.

"Cara bersihini kamar mandi dengan cepat dan murah nggak banyak keluar uang dan tenaga," ujar Instagram @izarazim.